Racing Santander Bantah Tuduhan Pengaturan Skor

Foto: www.realracingclub.es

Madrid, Sayangi.com – Racing Santander membantah tuduhan bahwa kemenangan 3-0 yang mereka raih atas tamunya Hercules pada hari terakhir musim divisi kedua telah diatur, dan mengatakan bahwa mereka akan bekerja sama penuh dengan otoritas sepak bola Eropa dan Spanyol untuk menyelidiki kasus itu.

Meski menang pada 8 Juni, Santander terdegradasi ke strata ketiga setelah sebelum turun ke divisi kedua pada akhir musim 2011/2012, dan mereka berjuang untuk tidak terperosok lebih dalam lagi setelah bertahun-tahun terlibat kekacauan institusional.

“Racing benar-benar percaya kepada para pemain di tim ini dan menolak semua laporan jahat mengenai hal-hal yang mempertanyakan kejujuran dan profesionalisme,” kata klub pesisir utara itu melalui situs resmi mereka (www.realracingclub.es).

“Klub pertama-tama ingin menjernihkan situasi dan akan segera membuka diri kepada UEFA dan LFP (Liga Sepak Bola Spanyol) untuk menjalani pemeriksaan terhadap fakta-fakta yang dipublikasi oleh media,” tambah mereka.

Pengaturan pertandingan, khususnya pada akhir musim, telah menjadi rahasia umum di Spanyol di mana sejumlah individu atau klub kerap melakukan hal itu.

Presiden LFP Javier Tebas mengatakan setelah dirinya terpilih pada April, bahwa liga harus memprioritaskan untuk membasmi hal itu dan Spanyol perlu menyingkirkan budaya “menghalalkan segala cara” yang berarti klub-klub berusaha menghindari degradasi dengan membeli sejumlah pertandingan.

Tebas mengatakan pada Kamis bahwa ia meyakini pertandingan Santander melawan Hercules telah diatur.

“Saya percaya bahwa hal itu telah diatur dan itulah yang dikatakan UEFA dan perusahaan-perusahaan judi,” ucapnya pada obrolan via internet yang diorganisir situs El Confidencial.

“Hal-hal Selanjutnya, pertandingan-pertandingan lain, baik di divisi pertama dan kedua, tengah diselidiki dan itu memerlukan waktu,” tambahnya. “Akan ada berita (tentang hal itu).” Masalah pengaturan pertandingan sepak bola menjadi judul utama pemberitaan berbagai surat kabar pada Februari, ketika para penyelidik mengatakan mereka telah mendapat bukti bahwa sejumlah pertandingan di level klub dan nasional diatur oleh organisasi perjudian yang diatur dari Singapura. (RH/ANT)