Amerika Kesal Cina Biarkan Snowden ke Rusia

Foto: mashable.com

Washington, Sayangi.com – Kesal buronannya tak juga ditangkap, Pemerintah AS mulai mencari sasaran kambing hitam. Kali ini giliran Cina yang menjadi sasarannya. Cina dianggap mengecewakan karena tak mau menyerahkan analisis data rahasia Edward Snowden.

Setelah pembicaraan antar pejabat tinggi luar negeri dua pemerintahan, Wakil Menteri AS William Burns mengatakan tindakan Beijing mengecilkan arti “kepercayaan” dalam hubungan dua negara.

Konsil Tinggi Cina yang hadir dalam pembicaraan itu, Yang Jiechi mengatakan, tindakan pemerintah otonom Hong Kong, yang berada di bawah administrasi Cina, yang membolehkan Snowden meninggalkan kota itu untuk menuju Rusia sudah sejalan dengan hukum di Hong Kong. Sengketa tentang bagaimana menentukan nasib Snowden telah menodai hubungan antara AS dan Cina.

Washington bermaksud menghukum mantan pegawai kontraktor CIA itu dengan tuduhan membocorkan ribuan data rahasia milik pemerintah AS. Saat ini Snowden diyakini masih berada di salah satu tempat di bandar udara Moskow.

Dia telah mengirim permohonan suaka politik kepada setidaknya 21 negara, namun sebagian besar menolak permohonan itu. Meski demikian ada pula negara seperti Bolivia, Nikaragua dan Venezuela telah mengindikasikan bahwa mereka akan menerima permohonan serupa jika Snowden meminta. (FIT/bbc)