DPT Pilgub Jatim di Jember Melebihi DP4 Dispenduk

Jember – Sayangi.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jember, Ketty Tri Setyorini, mengatakan,  jumlah daftar pemilih tetap (DPT) untuk pemilihan kepala daerah Provinsi Jawa Timur di Kabupaten Jember mencapai 1.726.443 orang. Jumlah tersebut melebihi Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang diserahkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil) setempat sebanyak 1.666.393 orang.
 
“DPT didapat berdasarkan pendataan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang melakukan pencocokan pemilih ke setiap rumah, sehingga lebih akurat dibandingkan DP4,” tuturnya.
 
Menurut dia, perbedaan angka tersebut bisa terjadi karena ada pemilih pemula yang tidak masuk dalam DP4, namun diketahui petugas pantarlih saat mendata di setiap rumah, atau kemungkinan bisa saja karena data pemilih itu memang tidak masuk dalam DP4.
 
“DP4 berdasarkan pada penduduk yang wajib memiliki KTP, sedangkan pantarlih datang dari rumah ke rumah untuk mengkroscek data DP4 dari tingkat RT, RW, hingga desa, sehingga dapat diketahui adanya pemilih pemula,” paparnya.
 
Ia optimistis data hasil pantarlih yang akan ditetapkan menjadi DPT sangat akurat karena selama tujuh kali pemilu di Jember jumlah pemilih berkisar 1,7 juta orang. Apabila ada penambahan atau pengurangan tentu jumlahnya tidak terlalu signifikan.
 
“Biasanya tambahan daftar pemilih didominasi oleh pemilih pemula dan warga yang baru pindah ke Jember, namun belum terdaftar,” katanya.
 
Meskipun DPT sudah diketahui jumlahnya, lanjut dia, KPU masih memberikan kesempatan kepada calon pemilih untuk memberitahu petugas, apabila namanya belum masuk dalam daftar pemilih tetap dan mereka sudah layak untuk memberikan hak pilih.
 
“Bagi warga yang namanya tidak tercantum dalam DPT, bisa menghubungi panitia pemungutan suara (PPS) dan panitia pemilihan kecamatan (PPK) setempat,” ujarnya.
 
Ia memprediksi jumlah pemilih akan bertambah jelang Pilkada Jatim yang akan digelar 29 Agustus 2013 karena ada nama yang belum masuk dan bagi mereka yang namanya belum masuk DPT tetap bisa memilih, asalkan menunjukkan katu identitas sepeti Kartu Tanda Penduduk (KTP) ataupun Kartu Keluarga.
 
Pilkada Jatim diikuti tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yakni pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf mendapat urutan nomor satu, kemudian urutan kedua pasangan Eggi Sudjana-Muhammad Sihat dan pasangan Bambang DH-Said Abdullah mendapat nomor urut tiga. (VAL/ANT)
 

Berita Terkait

BAGIKAN