Tips Memilih Daging Ayam dan Daging Sapi Segar

Foto/ilustrasi : azgreenmagazine.com

Jakarta, Sayangi.com – Ditemukannya daging sapi gelonggongan dan nyaris tidak layak pakai bahkan sampai ditemukan cacing di dalamnya membuat kita miris dengan kondisi ini. Bagi anda yang sudah mengerti mungkin akan mudah memilih daging sapi dan ayam yang layak konsumsi. Tapi bagi anda yang biasa membelinya di supermarket, mungkin harus lebih hati-hati. Daging ayam atau daging di supermarket yang notabene terlihat bersih belum tentu layak konsumsi. Jadi anda harus tetap jeli memilih daging yang akan disajikan untuk keluarga.

Berikut ciri-ciri daging sapi yang sehat dikonsumsi:

1. Daging sapi yang bagus adalah berwarna merah cerah, tidak terdapat bercak gelap dengan permukaan yang mengkilap. Selain itu, daging sapi yang baik memiliki serat halus, dengan lemak berwarna kekuningan.

2. Daging sapi yang kaku dan berwarna gelap menunjukkan pemotongan dilakukan pada saat tidak tepat, sebut saja hewan dalam keadaan stres atau tidak diistirahatkan sebelum dilakukan pemotongan. Sementara itu, daging yang berwarna cokelat menandakan sudah terkena udara terlalu lama.

3. Daging sapi yang segar tidak memiliki bau asam atau berbau busuk.

4. Jika dipegang masih terasa basah dan lengket, pertanda daging sudah tidak segar. Daging yang segar tidak lengket di tangan, kenyal, dan tidak lembek bila dipegang.

5. Daging yang mulai rusak atau busuk biasanya akan berubah warna jadi kecoklatan, kehijauan, kuning atau lebih parah lagi jadi berwarna hitam.

Sementara itu, untuk daging ayam yang layak dikonsumsi:

1. Daging ayam terbaik diperoleh dari ayam yang baru dipotong. Kulitnya tampak mengkilat, berwarna segar, berbau khas ayam, dan dagingnya kenyal.

2. Ayam yang sudah mati sebelum dipotong, biasanya memar kulitnya, terutama di daerah sayap atau berwarna kekuningan (diberi pewarna).

3. Bentuk ayam yang bulat dan bengkak pertanda ayam sudah disuntik dengan air. Jadi, cermatlah sebelum membeli daging, baik daging sapi maupun daging ayam.

4. Ayam segar biasa (segera dimasak, hanya tahan 4-6 jam setelah dipotong)

5. Ayam segar dingin (tahan 24 jam, dimasukkan dalam chiller/lemari es)

6. Ayam segar beku, tahan untuk beberapa hari jika disimpan dalam kondisi yang tepat (24 C dibawah nol)

7. Pilih daging ayam yang tidak kering kulitnya tapi juga tidak berlendir.

Jadi, sekarang lebih berhati-hati memilih makanan untuk kesehatan anda. (FIT)

Berita Terkait

BAGIKAN