Tips Berhijab Cantik Sesuai Bentuk Wajah

Foto/Ilustrasi: dakwatuna.com

Jakarta, Sayangi.com – menggunakan bentuk jilbab yang beragam memang menjadi keinginan untuk perempuan berhijab demi mengikuti trend yang ada. Trend menggunakan jilbab tak ada ubahnya dengan trend pakaian yang mengalami pergeseran. Jika di tahun 2000 awal orang lebih suka mengenakan jilbab instan, di tahun ini, semakin banyak yang berkreasi dengan aneka ragam bentuk jilbab. Ada yang menggunakan scraft, pashmina atau jilbab klasik segi empat untuk membuat kreasi jilbab yang modis. Tapi kamu tentu tak ingin membuat penampilanmu menjadi aneh karena salah mengenakan model jilbab bukan? Jadi Tim Sayangi.com telah merangkum beragam tips mengenakan model jilbab dengan berpatokan pada bentuk wajah.

Wajah Bulat

Bagi Anda wanita muslim yang memiliki bentuk wajah bulat, seringkali dipusingkan dengan pemilihan jilbab yang sesuai. Karena jika salah pilih, maka wajah Anda justru akan tampak lebih bulat, kembung dan gemuk. Wajah bulat (seperti wajah penyanyi Rosa) jangan mengenakan undercaps atau underscarves (topi) yang menepi pada dahi karena akan membuat wajah anda semakin terlihat bulat. Wajah bulat memerlukan samaran sehingga lebih terlihat oval. Sebaiknya letakkan jilbab dimulai pada garis rambut bagian atas dahi kemudian menutup tulang pipi wajah dan berakhir pada dagu. Dengan demikian anda telah menciptakan ilusi yang sempurna membentuk sebuah wajah oval.

Wajah Lonjong Atau Panjang

Bagi Anda yang memiliki bentuk wajah seperti ini (seperti Cathy Sharon), sebaiknya memperpendek bentuk wajah dnegan menarik undercap turun ke dahihi sehingga memotong setidaknya seperempat wajah anda. Pilihlah jilbab dengan kerutan atau aksesoris di sisi kepala karena akan menciptakan ilusi lebar. Jangan menambahkan ukuran kepala anda dengan melilitkan jilbab atau juga mengekspos leher karena itu akan memperpanjang bentuk wajah anda.

Wajah Persegi

Wajah persgi (seperti Tamara Bleszynski) membuat anda sedikit kesulitan memilih hijab. Anda dapat menggunakan kerudung model rounded shape jika memiliki wajah bentuk persegi. Dengan menggunakan gaya ini, maka wajah Anda akan terlihat terbingkai sehingga wajah Anda akan terihat lebih lembut. Hindari pemakaian warna yang mencolok. Gunakan warna soft sehingga wajah Anda terlihat lebih penuh. Jangan juga memilih cara berkerudung segitiga yang menjorok ke atas dahi apalagi memperlihatkan dagu bagian bawah karena akan memperlihatkan wajah anda yang agak maskulin.

Wajah Oval

Jika Anda memiliki wajah oval seperti ini, maka Anda adalah wanita muslim yang beruntung karena jenis wajah ini sangat cocok berbagai macam model jilbab. Anda tinggal menyesuaikan dengan warna busana dan warna kulit sehingga terlihat lebih serasi dan menarik.

Wajah Segitiga

Wajah segitiga (seperti Bunga Citra Lestari) sangat cocok mengenakan jilbab longgar, jilbab erat (dalaman ninja) hanya cukup digunakan separuh atas kepala untuk menekankan area dahi lebih lebar. Tutup sebagian sisi dahi sehingga membuat wajah anda seperti bentuk berlian.

Dengan mengenali bentuk wajah Anda terlebih dahulu, dapat membuat kita lebih percara diri dalam memilih dan menggunakan kerudung mana yang sesuai dan nyaman. Sebaiknya gunakan kerudung berbahan katun asli. Karena dengan menggunakan bahan ini, dapat menjaga kulit kepala dan rambut Anda tetap segar dan fresh. Semoga bermanfaat. (FIT/berbagai sumber)

Berita Terkait

BAGIKAN