Kajari Palembang Musnahkan Barang Bukti Senjata Api dan Narkoba

Palembang, Sayangi.com – Kejaksaan Negeri Palembang, Kamis (18/7) memusnahkan 36 pucuk senjata api dan narkotika jenis shabu seberat 4,7 kilogram yang merupakan barang bukti periode Juli 2012 – Juni 2013.
 
Pemusnahan barang bukti perkara yang ditangani Kejari Palembang, Nanang Sigit dan disaksikan juga oleh Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara Letkol PNB Ramot Sinaga,S.E. itu berupa empat pucuk senjata api laras panjang dan 32 pucuk laras pendek. Sedangkan untuk narkotika, pihak Kejari memusnahkan ganja sebanyak 6,291 kilogram dari 108 berkas, shabu 4,7 kg dari 588 berkas, extacy 585 butir dari 96 berkas, heroin 2,923 gram dari satu berkas, obat-obatan 30 kardus dari lima berkas, dan racun rumput 65 derigen dari satu berkas.
 
“Barang bukti yang dimusnahkan ini merupakan perkara dari total 831 berkas yang ditangani Kejari,” kata Kepala Kejari Palembang.
 
Ia mengemukakan, dari seluruh perkara yang ditangani itu putusan tertinggi dan barang bukti terbanyak adalah barang bukti atas nama pelaku Indra alis Endong setelah Majelis Hakim Pengadilan Negeri Palembang memberikan hukuman pidana penjara selama 20 tahun.
 
“Indra alias Edong terbukti melanggar Pasal 111 Ayat (2) UU nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan barang bukti 204 kg ganja,” ujarnya.
 
Ia menerangkan, pemusnahan barang bukti ini merupakan salah satu wujud nyata dari kinerja penegak hukum yang bersungguh-sungguh untuk memberantas peredaran narkotika.
 
“Upaya ekstra harus dilakukan karena terjadi pergeseran peran dari Kota Palembang yang semula hanya sebagai tempat transit, namun saat ini telah menjadi daerah tujuan atau sasaran peredaran narkoba,” katanya.