Mobil FPI Dibakar Massa

Foto : 84koe.wordpress.com

Semarang, Sayangi.com – Saat bentrok dengan masyarakat Sukorejo, Kendal, Jawa Tengah, Avanza berplat AB 7105 SA menabrak seorang perempuan hingga tewas. Massa pun mengamuk dan membakar mobil yang diduga milik anggota Front Pembela Islam (FPI).

Hal itu diungkap Kapolres Kendal AKBP Asep Zaenal Ahmadi. “Seorang perempuan bernama Tri Munarti meninggal dunia di rumah sakit akibat tertabrak mobil yang diduga dikemudikan anggota FPI saat terjadi bentrok,” ungkap Asep Zaenal.

Akibat bentrok, selain seorang meninggal, tambah Asep Zaenal, ada lima korban luka, satu di antaranya anggota Satuan Dalmas Polda Jateng, dan lainnya warga setempat.

Seperti diwartakan, bentrok antara sejumlah anggota FPI asal Temanggung dengan puluhan warga Sukorejo itu terjadi sekitar pukul 14.00 WIB, dan diduga dipicu aksi “sweeping” yang dilakukan anggota FPI di tempat lokalisasi di Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, warga setempat menolak “sweeping” yang dilakukan anggota FPI Temanggung, karena menilai FPI tidak berhak, dan bukan wilayah ormas yang bersangkutan.

Hingga menjelang tengah malam tadi, puluhan anggota FPI asal Temanggung yang terlibat bentrok dengan puluhan warga Kecamatan Patean dan Sukorejo, menjalani pemeriksaan di Markas Kepolisian Resor Kendal guna penyelidikan lebih lanjut.

“Kami telah mengamankan 48 anggota FPI yang diduga terlibat bentrok dengan warga Sukorejo, dan saat ini diperiksa di Polres Kendal,” kata Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Inspektur Jenderal Dwi Priyatno saat dihubungi dari Semarang, Kamis (18/7) malam.

Kapolda meminta semua pihak menunggu hasil pemeriksaan yang dilakukan penyidik kepolisian terhadap puluhan anggota FPI itu. “Kepolisian sebelumnya telah berkoordinasi dengan sejumlah organisasi massa di Jateng, dan melarang segala bentuk ‘sweeping’ yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas,” tandas Dwi Priyatno .

Untuk mengantisipasi terjadinya bentrok susulan, lanjut Dwi Priyatno, Polda Jateng telah menempatkan satu satuan setingkat kompi (SSK) anggota satuan pengendali massa di lokasi bentrok. (MARD/Ant)

Berita Terkait

BAGIKAN