Harga Minyak Meningkat di Perdagangan Asia

Singapura, Sayangi.com – Harga minyak sedikit lebih tinggi di perdagangan Asia Jumat (19/7) di tengah optimisme pemberitaan korporasi dan ekonomi AS, meskipun aksi ambil untung membatasi kenaikan, kata para analis.

Kontrak utama New York, West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Agustus naik satu sen menjadi 108,05 dolar per barel, sementara minyak mentah Brent North Sea untuk penyerahan September naik 12 sen ke posisi 108,82 dolar.

WTI melonjak 1,56 dolar di New York Kamis, berakhir pada level tertinggi sejak 1 Maret 2012. “Ada sedikit profit taking terjadi setelah penutupan pasar ekuitas AS,” kata Ric Spooner, kepala analis pasar pada CMC Markets di Sydney, kepada AFP.

Lompatan besar WTI di New York disertai kenaikan yang sama di Wall Street setelah penurunan tajam dari perkiraan klaim pengangguran AS dan lonjakan tak terduga dalam aktivitas manufaktur regional.

Desmond Chua, analis pasar pada CMC Markets di Singapura, mengatakan pasokan minyak mentah AS turun 6,9 juta barel dalam pekan sampai 12 Juli yang merupakan penurunan besar ke tiga langsung di tengah-tengah musim mengemudi di AS ketika warga Amerika turun ke jalan untuk liburan mereka.

Sentimen pasar di AS, konsumen minyak mentah utama dunia, juga terangkat setelah laporan aliran pendapatan perusahaan mengalahkan prediksi analis. (HST/ANT)