Berkunjung Ke Makam Sunan Gunung Jati

Foto: Google.com

Cirebon, Sayangi.com – Bicara wisata ziarah, Pulau Jawa memiliki begitu banyak destinasi wisata tersebut, seperti ziarah kubur ke makam para walisongo. Salah satunya wisata ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati, yang terletak di Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Propinsi Jawa Barat. Sunan Gunung Jati dikenal sebagai seorang Syarif Hidayatullah, seorang mubaligh, pemimpin spiritual, serta sufi.

Adalah Wukir Sapta Rengga, kompleks peristirahatan Sunan Gunung Jati beserta seluruh keturunannya. Makam ini berbentuk sembilan tingkat, ditingkat ke-9 inilah Sunan Gunung Jati dimakamkan, dan ditingkat kebawahnya adalah makam keturunannya baik dari silsilah Keraton Kanoman ataupun Kasepuhan.

Makam yang banyak dikunjungi wisatawan atau peziarah dari berbagai kota ini menempati lahan seluas 4 hektar. Di dalam makam ini konon terdapat pasir Malela, pasir yang konon dibawa dari Mekkah oleh Pangeran Cakrabuana, putera Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi dari Kerajaan Padjadjaran. Pasir tersebut konon terlarang dibawa keluar dari kompleks pemakaman tersebut.

Makam ini biasanya menjadi sangat ramai pada waktu-waktu terpilih, seperti peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW, ritual Grebeg Syawal (menyambut bulan Syawal), ritual Grebeg Rayagung (menyambut hari raya Idul Adha), dan ritual pencucian jimat yang dilakukan di 20 hari Ramadhan, bahkan di hari atau malam Jumat Kliwon.

Bangunan makam ini memiliki sentuhan arsitektur yang unik, kombinasi gaya arsitektur Jawa, Cina, dan Arab. Arsitektur Jawa bisa anda lihat pada atap bangunan yang berbentuk limasan, sedangkan arsitektural Cina nampak pada desain interior dinding makam yang penuh dengan hiasan keramik dan porselain. Dan sentuhan arsitrektural Arab terdapat pada ukiran dan kaligrafi. Selain menempel pada dinding makam, benda-benda antik tersebut juga terpajang di sepanjang jalan makam. Semua benda tersebut konon berusia ratusan tahun, tetapi kondisinya masih nampak terawat.

Mau mencoba nuansa wisata yang berbeda? Wisata ziarah ini dapat menjadi pilihan menarik bagi anda.

Berita Terkait

BAGIKAN