Mampukah Indonesia Membobol Gawang Liverpool?

Foto: Antara

Jakarta, Sayangi.com – Timnas Indonesia yang saat ini menggunakan nama Indonesia XI, kembali mendapatkan ujian dari klub asal Inggris yaitu Liverpool FC yang akan menjadi lawan pada pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu (20/7).

Pertandingan melawan klub yang berjuluk “The Reds” ini bisa dikatakan sebagai ajang pertaruhan serta pembuktian bagi penyerang Indonesia. Apalagi dalam dua pertandingan uj icoba internasional belum mampu menciptakan gol.

“Kalau diberi kepercayaan, saya siap memberikan yang terbaik. Terus terang saya bersyukur bisa kembali memperkuat timnas,” kata Ferdinand Sinaga di Jakarta Jumat.

Dengan bergabung striker Persisam Samarinda ini, lini depan timnas dinilai akan semakin bertaji. Apalagi sebelumnya sudah ada dua striker yang sudah tidak bisa diragukan lagi ketajamanannya yaitu Sergio van Dijk dan Boaz Solossa.

Pada kompetisi Indonesia Super League (ISL), Boaz Solossa yang saat ini memperkuat Persipura Jayapura telah mengemas 23 gol, sedangkan Sergio van Dijk yang memperkuat Persib Bandung telah mengemas 19 gol.

Hanya saja, dalam dua pertandingan internasional terakhir yaitu saat melawan Timnas Belanda dan klub asal Inggris, Arsenal keduanya belum menunjukkan kemampuannya terbaiknya atau masih mandul.

Bahkan timnas belum mampu menciptakan gol. Saat melawan “The Orange”, anak asuh Jacksen F Tiago ini menyerah dengan skor 0-3, sedangkan saat menghadapi Arsenal kalah telak 0-7.

Masuknya mantan tukang gedor Timnas U-23 ini diharapkan menjadi warna lain. Apalagi Ferdinand Sinaga dinilai sebagai pemain yang memiliki kecepatan dan akurasi tembakan kearah gawang lawan yang tinggi.

“Dipasangkan dengan siapa saja saya tidak masalah. Kami saling kenal dan sudah memahami karakter masing-masing,” ucap mantan pemain Semen Padang itu.

Bergabungnya Ferdinand Sinaga kedalam tim disambut baik oleh pelatih Indonesia XI, Jacksen F Tiago. Pria asal Brazil itu mengaku akan memaksimalkan pemain yang ada demi meraih hasil yang lebih baik.

“Ferdinand memang sangat dibutukan. Begitu juga pemain yang lain. Yang jelas kami berusaha menyiapkan tim terbaik dan terus memperbaiki kelemahan-kelemahan pada pertandingan sebelumnya,” tuturnya.

Demi meningkatkan daya suplai bola ke lini depan, pria yang juga pelatih Persipura Jayapura ini juga memanggil pemain sarat pengalaman yaitu Ahmad Bustomi. Selain itu, juga memanggil gelandang enerjik Taufiq.

Untuk lini belakang, kemungkinan besar tidak akan ada perubahan meski telah dipanggil pemain baru Fachruddin. Barisan pertahanan kemungkinan akan mempertahankan Ruben Sanadi, Victor Iqbonefo, M. Roby dan Hasyim Kipuw. Sedangkan penjaga gawang Kurnia Meiga.

“Mengantisi lawan tanpa bola terus kami upayakan. Ini yang menjadi salah satu titik kelemahan kita. Gol-gol yang tercipta berawal dari sini,” tukas Jacksen F Tiago, menegaskan.

Khusus untuk Kurnia Meiga yang baru saja gawangnya kebobolan tujuh gol, Jacksen mengaku sudah berbicara secara pribadi guna memberi motivasi. Meski kebobolan banyak gol, kiper Arema Indonesia dinilai bermain dengan maksimal. Apalagi lawan yang dihadapi adalah tim berat.

Dengan komposisi pemain yang ada, kata Jacksen diharapkan permainan bisa lebih berkembang sehingga bisa memberikan perlawanan. Apalagi Liverpool FC memiliki karakter yang berbeda dibandingkan dengan Arsenal maupun Timnas Belanda.

“Tendangan bebas mereka berbahaya. Begitu juga serangan yang dibangun. Makanya kami berusaha memperkuat lini pertahanan,” ucap pelatih yang membawa Persipura menjadi juara Liga Indonesia itu.

Sementara pelatih Liverpool FC Brendan Rodgers mengaku tidak sabar untuk segera menghadapi Indonesia. Bahkan pihaknya meminta Steven Gerrard dan kawan-kawan bermain maksimal, meski lawan baru saja mengalami kekalahan dari Arsenal.

“Saya sudah memahami karakter lawan. Mereka memiliki pemain yang mempunyai skill individu dan teknik yang bagus,” katanya.

Pria asal Irlandia Utara itu bahkan terus memantau perkembangan timnas, termasuk karakter pemain-pemain yang baru saja dipanggil oleh pelatih Jacksen F Tiago pascapertandingan melawan Arsenal beberapa waktu lalu.

The Reds datang ke Indonesia dengan kekuatan penuh meski ada tiga pemain yang tidak datang ke Jakarta yaitu Luis Suarez, Pepe Reina dan Sebastian Coates. Namun, Steven Gerrard, Coutinho, Kolo Toure, Daniel Agger, Stewart Downing dan Martin Skrtel serta pemain baru Iago Aspas akan memberikan hiburan pada Liverpudlian Indonesia. (RH/ANT)

Berita Terkait

BAGIKAN