Ini Dia Tiga Komoditas Fokus Pemerintah Jelang Lebaran

Foto: sayangi.com/Okky

Jakarta, Sayangi.com – Kementerian Perdagangan menyatakan akan fokus pada ketersediaan tiga stok kebutuhan pokok pangan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1434 H. Tiga komoditas tersebut antara lain daging sapi, bawang merah, dan cabai rawit.

Menteri Perdagangan, Gita Wiryawan menjelaskan, kebutuhan terhadap tiga komoditas pangan tersebut mengalami kenaikan. Sementara di sisi lain, terjadi pasokan barang, sehingga pemerintah mencari solusi dengan cara mengimpor guna melakukan stabilitas harga.

“Untuk pasokan nasional memang dirasa kurang. Kami akan berkordinasi untuk impor guna mengamankan daging sapi, bawang merah, dan cabai rawit hingga lebaran,” ujar Mendag Gita Wiryawan saat menghadiri pasar murah di kota Tangerang, Jumat (19/7/2013).

Menurut Gita, akibat cuaca kemarau basah, beberapa daerah tertunda serta gagal panen di daerah Jawa. Berkaitan dengan tiga komiditas tersebut, Mendag telah meminta Bulog dengan mengirim tiga ribu ton daging sapi, bawang merah 17 ribu ton, dan cabai rawit sebanyak 9700 ton.

“Saya sudah berkoordinasi dengan Kementan dalam mengeluarkan ijin. Ini akan dimulai beberapa hari dan bertahap sampai lebaran,” pungkasnya. (MI)

Berita Terkait

BAGIKAN