Hadapi Lebaran, Pemprov DKI Gelar Razia Makanan

Foto: Antara

Jakarta, Sayangi.com – Pemprov DKI Jakarta akan menggelar razia parsel di sejumlah pusat perbelanjaan. Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa aman sekaligus memberikan perlindungan terhadap konsumen menjelang Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriah.

Ratnaningsih, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta mengatakan razia dilakukan secara terpadu oleh tim pengawasan makanan kadaluarsa yang terdiri dari petugas Dinas KUKMP, Dinas Kelautan dan Pertanian, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) serta pihak kepolisian. “Minggu depan razia mulai dilakukan,” ujar Ratnaningsih, Jumat (19/7) di Balai Kota, Jakarta.

Parsel biasanya, lanjut Ratna, berisi aneka makanan dan minuman yang telah dibungkus rapi, sehingga penerima kerap lalai mengecek tanggal kadaluarsa. “Tahun lalu ditemukan kasus di Jakarta Timur. Barangnya langsung disita dan dibuatkan BAP (Berita Acara Pemeriksaan),” akunya.

Ratna menambahkan, razia akan dilakukan secara intensif di beberapa titik di lima wilayah kota di DKI Jakarta terutama di pasar tradisional dan modern. Ia meminta partisipasi masyarakat untuk membantu Pemprov DKI dalam memberantas peredaran makanan dan minuman kadaluarsa serta daging olahan. Jika menemukan produk yang sudah kadaluarsa, warga dapat melaporkannya ke Suku Dinas KUMKMP di masing-masing wilayah.

Adapun tentang lokasi dan waktu pelaksanaan razia masih dirahasiakan. “Agar tidak bocor, kita akan rahasiakan lokasi dan waktu pelaksanaan,” pungkasnya. (HST)