Pilgub Ulang Sumsel: Anggarkan Dana Linmas 5,7 Miliar

Palembang, Sayangi.com – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menyiapkan dana untuk anggota perlindungan masyarakat (Linmas) yang akan bertugas dalam Pemilihan Gubernur Ulang (Pilgub) ulang sekitar Rp. 5,7 miliar.

Dijelaskan oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, ikhwanuddin (19/7) di Palembang, bahwa Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk kebutuhan operasional, antara lain untuk keperluan petugas perlindungan masyarakat saat pemungutan suara ulang nanti.

“Petugas perlindungan masyarakat di lima kabupaten dan kota tempat pemungutan suara ulang pemilihan gubernur dan wakil gubernur, akan kembali diaktifkan”, kata Ikhwanuddin.

Sebaimana Keputusan MK, Kabupaten dan kota yang akan melakukan pemungutan suara ulang adalah Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Palembang, Prabumulih, dan satu Kecamatan Warkuk Ranau Selatan, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.

“Dengan adanya penurunan petugas tersebut, maka anggota Linmas tersebut harus diberi honor seperti pemilihan sebelumnya,” ujarnya.

Menurut dia, seperti pemilihan lalu, setiap petugas akan mendapatkan honor sebesar Rp. 300 ribu sebelum dipotong pajak, sehingga pihaknya sudah mengusulkan dana tersebut kepada Gubernur Sumsel.

Adapun rincian jumlah petugas Linmas untuk Ogan Komering Ulu (OKU): 3.440 orang, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur:6.572 anggota, Prabumulih: 1.270 orang, dan Kecamatan Wakuk: 283 orang. Linmas nanti akan membantu mempelancar proses pemungutan suara yang akan dilaksanakan pada 4 September akan datang. (VAL/ANT)