Delapan Hari Puasa, Sudah 28 PMKS Terjaring Razia

Foto: Ant

Jakarta – Sayangi.com – Petugas Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial (Yanrehsos) Suku Dinas Sosial Jakarta Timur terus mengamankan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Dalam operasi yang dilakukan dari 10-18 Juli 2013 kali ini sudah sebanyak 28 PMKS berhasil diamankan.

“Selama Ramadan ini kita akan terus melakukan penjangkauan secara lebih intens untuk mengurangi membludaknya PMKS jelang lebaran nanti,” kata Kepala Seksi Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial (Yanrehsos) Suku Dinas Sosial Jakarta Timur, Muhammad Yasin kepada wartawan, Jumat (19/7/2013).

Dari 28 PMKS yang diamankan tersebut,13 orang di antaranya merupakan pengemis, satu pengamen, tujuh orang gelandangan, enam orang dengan masalah kejiwaan (ODMK) dan seorang lainnya adalah peminta sumbangan kotak amal.

“Ke 28 PMKS ini nanti akan kita bawa ke panti sosial di Cipayung, Jakarta Timur, untuk diberikan pembinaan, agar mereka juga nanti tahu bahwa di bulan Ramadan ini bukanlah semata-mata sebagai lahan empuk untuk mendulang uang dengan cara mengemis,” ucapnya.

Ia mengaku pihaknya juga akan terus melakukan razia ke sejumlah titik-titik potensial, seperti di masjid, makam, pusat perbelanjaan, dan lainnya. Oleh karena PMKS itu dapat dijumpai di mana-mana, Yasin menghimbau warga agar tidak memberikan sedekah kepada pengemis dan gelandangan.

“Jika masyarakat terus memberikan sumbangan, maka keberadaan para PMKS ini akan semakin banyak setiap bulan suci datang. Kami ini menghimbau bahkan melarang ya untuk memberikan bantuan pada masyarakat, untuk memberikan sumbangan pada para pengemis, tapi ini juga sebagai salah satu cara agar kita tidak membuat mereka terus mengemis,” tutur Yasin.

Menurutnya, apabila ada masyarakat yang ingin memberikan sumbangan atau sedekah, disarankan untuk disalurkan melalui instansi resmi, seperti Badan Amil Zakat Infaq dan Shadaqah.

“Kalau punya uang lebih, pengin sedekah misalnya, ya melalui Bazis saja kan jelas. Atau langsung ke tempat-tempat panti asuhan,” pungkasnya. (MI)