Anggaran Sosialisasi Pilgub Ulang Sumsel Hanya Rp. 300 Juta

Palembang, Sayangi.com – Anggaran sosialisasi Pemilihan Ulang Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Ulang Sumatera Selatan hanya Rp. 300 juta. Dana ini sangat minim untuk menjangkau wilayah pemilihan ulang dan target partisipasi 80 persen. Idealnya, dana yang dibutuhkan sekitar Rp. 1 miliar.

“Karena dananya kecil, kami akan memaksimalkan sosialisasi melalui media cetak dan elektronik,” kata anggota Komisi Pemilihan Umum Sumatera Selatan Divisi Sosialisasi dan Kampanye Ong Berlian, di Palembang (9/12).

Menurut dia, dengan anggaran tersebut, sosialisasi di media massa juga menjadi terbatas, begitu pula penyebaran alat peraga, hanya bisa di kantor lurah dan desa.

“Mudah-mudahan, dengan dana seadanya itu, target partisipasi pemilih pada pemungutan suara ulang pada Pilgub Ulang bisa mencapai 80 persen. Target patisipasi Pilgub Ulang ini sama dengan target pemilihan Gubernur dan Wakil gubernur Sumsel 6 Juni 2013”. Ujar Ong Berlian.

Terkait ditetapkannya 4 September 2013 untuk pelaksanaan pemungutan suara ulang Pilkada Sumsel, ia mengatakan pertimbangan waktu atau jadwal itu perintah Mahkamah Konstitusi.

“Kami menghindari hari terjepit dan waktu libur agar masyarakat fokus melakukan pemilihan pada pemungutan suara ulang nanti,” katanya.

Sesuai keputusannya, Mahkamah Konstitusi (MK) pada Kamis (11/7) memerintahkan KPU Provinsi Sumatera Selatan untuk melaksanakan pemungutan suara ulang di seluruh tempat pemungutan suara di Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Kota Palembang, Kota Prabumulih, dan seluruh TPS di Kecamatan Warkuk Ranau Selatan di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.(VAL/ANT)