Jelang Idul Fitri dan ISG, Al-quran Al-akbar Akan Dicat Ulang

Palembang, Sayangi.com – Menyambut hari raya Idul Fitri 1434 H dan perhelatan Islamic Solidarity Games yang akan berlangsung pada 22 September-1 Oktober mendatang, Kepingan Al-Quran Al Akbar yang berada di Suak Bujang Gandus Palembang akan dicat ulang. Pengecatan telah dilakukan sejak awal Ramadhan dan diperkirakan selesai akhir Ramadhan.

Menurut Asri Wihamdi (42), Penanggung Jawab Al-quran Al Akbar, Pengecatan ulang akan dilakukan untuk pemeliharaan dan menjaga agar warnanya tidak terlihat kusam.

“Bangunannya sangat kuat, tetapi catnya sudah mulai pias dan harus diperjelas lagi,’ katanya ketika ditemui di lokasi Al Quran raksasa Kompleks Pesantren Indo Global Mandiri (IGM) Suak Bujang Gandus Palembang, beberpa waktu lalu.

Pengecatan ulang dilakukan pada tiap keping halaman kayu dengan menggunakan cat warna emas, dan merah manggis. Perpaduan warna tersebut merupakan warna khas Rumah Adat Palembang (Rumah Bari) dan lemari ukiran Palembang.

Asri mengatakan, untuk mempermudah proses pengecatan ulang pihak pengurus Al Quran Al Akbar terlebih dahulu membangun atap tambahan supaya terlindungi cat dari panas dan hujan.

Karya estetis yang tegak terbentang setinggi setinggi 15,5 meter ini pernah meraih rekor MURI dan Guinness World Record.

Sementara, biaya renovasi bangunan menanti janji 51 negara Islam yang akan berkunjung dalam rangka Islamic Solidarity Games (ISG). (VAL/ANT)