Menilik Keindahan Mesjid Terapung di Maroko

Foto: wallpaperswiki.org

Jakarta, Sayangi.com – Sebagai salah satu negara Islam, Maroko memiliki masjid terbesar yang juga menjadi ikon dikota Casablanca. Adalah Masjid Hassan II, mesjid yang dibangun oleh Raja Hassan II ini, yang kemudian dinamakan sama dengan sang raja. Masjid ini merupakan masjid terbesar kedua setelah Masjidil Haram di Makkah.

Masjid megah yang berdiri diatas pondasi bebatuan di lautan Atlantik ini dibangun pada tahun 1986. Memakan waktu 7 tahun untuk menyelesaikan pembangunan masjid yang memiliki luas 970.000 meter persegi dan memiliki kapasitas jamaah sebanyak 25.000 orang didalam dan 80.000 orang di halamannya ini. Selain itu, masjid ini juga memiliki menara setinggi 210 meter yang juga sekaligus menjadi menara masjid tertinggi di dunia. Masjid Hassan II ini dirancang oleh Michael Pinseau seorang arsitek berkebangsaan Perancis dan dibangun oleh Bouygues.

Keindahan bangunannya memiliki desain bangunan yang merupakan perpaduan antara arsitektur Islam Andalusia dan modern. Keunikan dari masjid yang terletak disebuah tanjung yang menghadap langsung ke Samudra Atlantik ini adalah karena masjid ini dibangun diatas tanah reklamasi, hampir setengah bangunan masjid berada di atas lautan, sehingga dari kejauhan terlihat seperti sebuah monumen besar yang berdiri mengapung diatas Samudra Atlantik. Selain itu, istimewanya lagi, sebagian lantai masjid ini terbuat dari kaca, sehingga ketika kita sujud, maka dapat langsung melihat langsung kedalam laut.

Keunikan lainnya dari mesjid ini adalah, mesjid ini dibangun dengan konstruksi tahan gempa dan memiliki pemanas lantai, pintu otomatis, serta atap masjid dapat dibuka dan digeser. Hiasan ornament baik di lantai, pintu, dinding dan langit-langit mesjid terlihat sangat indah dan detil juga kental dengan nuansa seni bangsa Moor. Uniknya, masjid Hassan II ini juga terbuka untuk umum dan pengunjung non-muslim. Semua pengunjung dapat membeli tiket masuk masjid dan akan dipandu oleh pemandu tur yang menjelaskan detail dari interior masjid.

Tertarik untuk mengunjunginya jika sedang melancong ke negara Maroko? (FIT/Berbagai sumber)