Hadapi Krisis Global, SBY Minta Menteri Mulai Antisipasi

Foto: Ant

Jakarta, Sayangi.com – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta pembantunya di Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II agar mewaspadai krisis ekonomi global. Pasalnya krisis tersebut kini sudah masuk ke kawasan Asia.

Hal itu dikemukakan SBY dalam rapat kabinet dengan agenda pembahasan ekonomi di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (25/7/2013). SBY mencontohkan kondisi perekonomian global hari ini yang kian mengkhawatirkan. Bahkan krisis yang sebelumnya melanda Eropa, kini kawasan Asia seperti Cina dan India juga sedang menghadapi masalah krisis ini.

“Kita lihat bagaimana perkembangan setiap harinya terutama ledakan pengangguran yang besar GDP rasio yang di luar kewajaran,” kata SBY.

Menurutnya, perekonomian dunia terdiri dari tiga pilar utama, yakni Eropa, Asia, dan Amerika Serikat. Ekonomi Eropa saat ini kata dia, sedang goyah. Di sisi lain, Amerika tengah melakukan perubahan signifikan terhadap kebijakan ekonomi.

Oleh karena kondisi tersebut, pemerintah mesti mempersiapkan antisipasinya, karena Indonesia juga akan mendapatkan dampak dari krisis global tersebut.

“Saya berharap agar kita semua bisa mengelola perekonomian kita sebaik-baiknya,” katanya.

Berita Terkait

BAGIKAN