Kicak, Takjil Khas Jogjakarta

Foto: tempo

Jakarta, Sayangi.com – Tak hanya kolak yang bisa dijadikan takjil untuk berbuka puasa. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas untuk sajian buka puasa. Jogja misalnya yang memiliki makanan tradisi Ramadan yang dinamakan kicak. Sejenis penganan yang terbuat dari olahan beras ketan, dipadu parutan kelapa serta potongan buah nangka dan sedikit taburan gula. Perpaduan citarasa manis, legit dan gurihnya selalu dirindukan warga Jogja saat Ramadhan.

Olahan beras ketan di campur dengan parutan kelapa, sedikit vanili, garam, dan daun pandan sudah dimasak terlebih dahulu sebelum dicampurkan lagi dengan parutan kelapa dan potongan buah nangka, dan dibungkus daun pisang. Rasanya, sebungkus pun tak cukup untuk menikmati kue tradisional Ramadan khas Jogja ini.

Penganan yang menjadi ikon takjil dipasar Tiban Kauman ini merupakan salah satu kuliner kuno yang masih sangat digemari hingga sekarang. Syahdan, Mbah Wono yang berusia 81 tahun disebut-sebut sebagai pelopor pembuat Kicak ini sejak tahun 1950. Dari hasil experimennya itu kini setidaknya sebanyak 200 bungkus kicak terjual setiap harinya, terutama saat ngabuburit menjelang berbuka. Bahkan, panganan seharga 2500 Rupiah ini dijual kembali oleh para pedagang yang membeli dari Mbah Wono. Tertarik menikmatinya? Silah mampir ke Jogja. (FIT)

Berita Terkait

BAGIKAN