Proyek Ladang Gas Donggi Senoro Dinilai Rugikan Negara

Foto: leightonasia.com

Jakarta, Sayangi.com – Kuasa Hukum PT LNG Energi Utama (LNGEU), Eggy Sudjana menyebut proyek pembangunan ladang gas alam cair Donggi Senoro di Desa Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah berpotensi merugikan negara.

“Karena masih mengandung permasalahan hukum, proyek tersebut juga berpotensi merugikan negara bila dilanjutkan,” ujarnya di kantor Pertamina Pusat, Jakarta, untuk menyelesaikan sengketa proyek yang dianggap merugikan kliennya itu, Kamis (25/7/2013).

Eggy menyatakan, adanya sengketa ladang gas Donggi Senoro diduga persengkokolan dalam penunjukkan pemenang beauty contest proyek pembangunan kilang LNG Donggi-Senoro oleh JOB Pertamina Medco kepada Mitsubishi Corporation.

“KPPU sudah menyatakan Mitsubishi Co, Pertamina, Medco Energi Internasional dan Medco E&P terbukti melanggar pasal 22 dan 23 UU No. 5/99,” ungkap Eggy.

Ia menyebutkan adanya kerugian negara dan masyarakat yang muncul akibat dugaan mark up proyek dari proyek tersebut. Selain itu juga karena harga jual gas yang murah, dugaan transaksi benturan kepentingan, dan alokasi gas yang diduga tidak sesuai peruntukan dan pembangunan merusak lingkungan.

“Atas potensi kerugian tersebut, selain ke Pertamina, kita juga menghimbau SBY agar mengurungkan niatnya meresmikan proyek kilang LNG Donggi-Senoro,” tegasnya. (MI)