Massa Ingin Bangkit di GP Hungaria Budapest

Foto: www.firstpost.com

Budapest, Sayangi.com – Pebalap Felipe Massa kembali berlaga dan ingin bangkit di Grand Prix Hungaria Budapest yang akan membantunya menjaga masa depan dengan Ferrari setelah mengalami masa-masa yang paling buruk pekan ini.

Pebalap asal Brasil tersebut, yang menderita cedera kepala yang mengancam jiwa selama kualifikasi di Hungaroring empat tahun lalu, tetap optimis meskipun hasil buruk belakangan ini.

Pria berusia 32 tahun itu mempercayai konsistensi, bukan kecepatan, saat ia berusaha untuk kembali menegaskan dirinya bersama dua kali juara Spanyol Fernando Alonso dari Ferrari dalam upaya mengakhiri dominasi Sebastian Vettel dari Red Bull.

“Saya tahu apa yang harus saya lakukan,” katanya.

“Saya hanya ingin mendapatkan hasilnya. Bagi saya, kecepatan yang ada tidak perlu khawatir tentang itu,” kata dia.

“Saya telah menunjukkan kecepatan, tetapi hal-hal yang telah terjadi membuat saya tidak menyelesaikan balapan … saya hanya perlu berkonsentrasi dalam menjaga kecepatan dan saya tahu bahwa jika tidak ada halangan maka saya bisa finis di posisi yang baik,” ujarnya.

Perjuangan Massa akan menjadi salah satu isu yang paling menarik di Grand Prix Hungaria, balapan terakhir di musim paruh pertama Formula Satu sebelum liburan musim panas.

Sirkuit Hungaroring yang lambat, berdebu, ketat dan memutar di bukit dangkal 25 km utara ibukota, telah menjadi tempat kejuaraan sejak 1986 dan telah mengembangkan reputasinya mirip dengan Monaco tanpa glamor atau hambatan.

Sirkuit ini memiliki 14 tikungan dan hanya satu yang lurus dan itu tantangan bagi tim dengan sisa trek kecepatan tinggi yang digunakan di Eropa.

Uji utama untuk ban Pirelli baru yang dikembangkan untuk debut di balapan ini setelah lulus ujian yang berat di Silverstone minggu lalu – dan kinerja mereka dalam suhu tinggi dapat menjadi faktor penentu dalam akhir pekan yang menarik.

Pemimpin klasemen dan juara dunia tiga kali Sebastian Vettel, setelah akhirnya memenangi Grand Prix Jerman tiga minggu lalu, membidik kemenangan berikutnya.

Tapi dia bisa dihadapkan tantangan yang kuat tidak hanya dari rekan setimnya pebalap Australia Mark Webber, tetapi juga pebalap Inggris Lewis Hamilton dari Mercedes, yang menjuarai GP Hungaria sebanyak tiga kali pada tahun 2007, 2009 dan 2012.

Satu kemenangan lagi bagi Hamilton akan menyamai pemegang rekor dari pebalap Jerman Michael Schumacher dengan empat kemenangan.

Alonso juga memiliki kenangan di Hungaroring karena pada 2003 ia memenangkan balapan pertamanya sebagai pebalap Formula Satu termuda, rekor sekarang dipegang oleh Vettel.

Pebalap Inggris Jenson Button dari tim McLaren juga berjuang memenangi balapan pertamanya di Hungaria dengan kemenangan dramatis dari 14 grid dalam guyuran hujan deras pada tahun 2006. (RH/ANT)