Masjid Tua Patimburak, Tonggak Sejarah Islam di Papua

Foto: genuardis.net

Kokas, Sayangi.com – Papua tak hanya memiliki keindahan Raja Ampat dan sederetan gereja-gereja nan anggun, Papua juga memiliki masjid-masjid kuno yang berumur ratusan tahun. Adalah Masjid Tua Patimburak, salah satu masjid tertua yang terletak di Distrik Kokas, Fak-Fak Papua Barat. Usianya kini disinyalir sudah mencapai 143 tahun, terhitung sejak dibangunnya masjid ini di tahun 1870 silam.

Masjid yang konon dibangun oleh seorang muslim bernama Abuhari Killian ini merupakan tonggak sejarah Islam di Papua yang disinyalir dibawa oleh Kesultanan Tidore saat masih berkuasa.

Tak semegah masjid pada umumnya, Masjid Tua Patimburak ini berukuran tak lebih dari 100 meter. Arsitekturalnya memiliki kemiripan dengan arsitektural gereja. Namun begitulah bentuk aslinya yang masih dipertahankan meski sudah mengalami beberapa kali renovasi. Empat tiang penyangga masjid ini pun masih kekar menopang bangunan induknya. Jejak pemboman saat penjajahan Jepang silam pun nampak terlihat disalah satu tiang penyangga tersebut, terlihat jelas bekas lubang pemboman tersebut.

Dua jam perjalanan darat menuju Kokas dari Fak-Fak, dan satu jam perjalanan dengan long boat dari Kokas menuju Kampung Patimburak mungkin memang agak melelahkan untuk melihat masjid ini, namun panorama sepanjang perjalanan seperti lembah-lembah pegunungan hingga pulau-pulau karang perawan, pasti akan membuat anda ingin selalu kembali ke Fak-Fak untuk melihat masjid tua ini. (FIT/berbagai sumber)