Guardiola Berencana Pangkas Tim

Foto: Antara

Munich, Sayangi.com – Pelatih Pep Guardiola akan duduk bersama dengan direktur olahraga Matthias Sammer dan ketua klub Karl-Heinz Rummenigge mengenai pemangkasan anggota tim Bayern Munich yang bertabur bintang, setelah mereka bermain melawan Borussia Dortmund pada Sabtu yang merupakan ulangan final Liga Champions.

Bayern yang dilatih Guardiola menikmati kemenangan 2-0 di kandang atas bekas tim yang dulu ditanganinya Barcelona pada pertandingan persahabatan Rabu, namun tim Spanyol ini hanya memainkan para pemain intinya sampai turun minum.

Dipimpin oleh pemain Argentina Lionel Messi, bintang-bintang Barcelona hanya bermain pada 45 menit pertama ketika Bayern memastikan kemenangan melalui gol kapten Philipp Lahm dan penyerang Kroasia Mario Mandzukic di depan 71.137 penggemar.

Dengan Liga Jerman yang akan dimainkan dua pekan lagi, Guardiola mengeluarkan beberapa keputusan berat saat ia berusaha mengakomodasi tim yang dihuni sepuluh bintang internasional di lini tengahnya.

Dengan pemain Jerman Bastian Schweinteiger dan Mario Goetze telah pulih dari cedera, dan pemain Spanyol Javi Martinez telah kembali dari tugasnya di Piala Konfederasi, sejumlah bintang Bayern dipastikan akan menghuni bangku pemain cadangan pada musim depan, kecuali jika mereka mampu menemukan klub baru.

“Kami akan berbicara setelah Piala Super, kami masih harus mengenal para pemain,” kata Guardiola, yang memainkan pemain sayap Jerman Thomas Mueller sebagai penyerang tunggal saat melawan Barcelona.

Setelah mendatangkan kapten Spanyol U-21 Thiago Alcantara dari Barcelona, Guardiola berkata ia berusaha mencoba ide-idenya.

Tetapi Luis Gustavo asal Brazil telah dikait-kaitkan dengan juara Jerman 2009 Wolfsburg, sedangkan Liverpool dilaporkan tertarik dengan pemain sayap Swiss Xherdan Shaqiri.

“Kami memiliki sejumlah pemain yang dapat bermain di posisi-posisi yang berbeda, saya menyukai pemain-pemain yang fleksibel dan dapat menyesuaikan diri dengan sistem-sistem yang berbeda,” kata Guardiola (42).

“Toni Kroos telah diturunkan ke posisi gelandang bertahan, saya berusaha menerapkan beberapa hal dan ingin menguji beberapa hal di pertandingan-pertandingan persahabatan ini.” Barcelona memiliki sesuatu untuk dibuktikan pada kedatangan pertama mereka di Munich sejak takluk 0-4 di semifinal Liga Champions April silam, di mana tim Jerman itu sebelumnya menang 3-0 di Spanyol.

Namun dengan kembalinya Gerardo Martino ke Spanyol, menjelang perkenalan resmi sebagai pelatih baru Barcelona pada Jumat, pelatih sementara Jordi Roura tidak cemas untuk memainkan pemain-pemain mudanya setelah turun minum.

Guardiola mendoakan yang terbaik kepada mantan asisten pelatih sekaligus penggantinya Tito Vilanova, yang mengundurkan diri setelah hanya setahun menjadi pelatih di Nou Camp untuk meneruskan perjuangannya melawan kanker.

“Saya ingin mendoakan yang terbaik bagi Tito dan juga Martino, mereka telah memilihnya karena mereka merasa ia adalah pria terbaik untuk pekerjaan itu dan saya mendoakan agar ia beruntung,” kata Guardiola, yang memenangi 14 gelar dalam tempo empat tahun sebagai pelatih Barcelona.

“Barcelona merupakan salah satu klub terbesar di Eropa, itu adalah klub yang stabil, mereka memiliki pemain-pemain bagus yang bekerja keras dan pemain-pemain masa depan yang baik, mereka akan selalu berada di atas sana.” (RH/ANT)

Berita Terkait

BAGIKAN