BNI: Setengah Tahun, Kiriman Uang dari Saudi Rp2,1 Triliun

Foto: sayangi.com/MI

Jakarta, Sayangi.com – PT Bank Negara Indonesia (BNI) mencatat pengiriman uang melalui bank BUMN itu dari Arab Saudi selama semester I 2013 mencapai Rp2,1 triliun.

“Kiriman terbesar dari Arab Saudi yang mencapai 317.308 slip senilai Rp2,1 triliun,” kata Direktur BNI Adi Setianto usai pemaparan kinerja keuangan BNI semester I 2013 di Jakarta, Kamis (25/7/2013).

Ia menyebutkan dua negara lain yang termasuk besar pengiriman uangnya adalah Malaysia dan Amerika Serikat. Kiriman uang dari Malaysia melalui BNI mencapai sekitar 289.406 slip dengan nilai Rp1,1 triliun. Sedangkan kiriman dari Amerika Serikat mencapai 84.921 slip dengan nilai sekitar Rp1,14 triliun.

“Negara-negara tersebut merupakan negara di mana BNI memiliki perwakilan sehingga mereka yang berada di negara itu dapat mengirimkan uang ke Indonesia,” kata Adi Setianto.

Ia menyebutkan total remitansi (kiriman uang dari luar negeri) melalui BNI selama semester I 2013 mencapai 24 miliar dolar AS. Selain dari Arab Saudi, Malaysia dan Amerika Serikat, juga ada pengiriman uang dari negara lain seperti Hong Kong.

Sementara itu menanggapi pertanyaan apakah BNI akan merevisi rencana bisnis bank (RBB) terkait perkembangan ekonomi terakhir, Direktur Utama BNI Gatot M Suwondo mengatakan BNI tidak akan melakukan revisi sejumlah target dalam RBB.

“Target pertumbuhan kredit akan tetap dalam kisaran 22 hingga 24 persen,” kata Gatot.

Menurut dia, BNI sudah memprediksi sejumlah perkembangan yang akan terjadi dalam penyusunan RBB sehingga BNI tidak akan mengubah sejumlah target dalam RBB.

“Berbagai perkembangan seperti kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), kenaikan suku bunga dan lainnya sudah kami prediksi sebelumnya,” kata Gatot. (MI/Ant)