Menteri PU: Kemacetan di Priok Bukan Karena Perbaikan Jalan

Foto: Sayangi.com

Jakarta, Sayangi.com – Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto menegaskan kemacetan selama dua pekan belakangan ini di Tanjung Priok, Jakarta Utara bukan karena adanya perbaikan jalan. Menurut dia, penyebab utama kemacetan adalah banyaknya parkir liar truk kontainer yang menuju pelabuhan.

“Tanjung Priok, you ngerti gak kenapa macet? Kan bukan karena jalan. Jalan saat dikerjakan tidak mengurangi ruas yang akan dilewati. Banyak mobil, truk parkir. Karena kalau masuk belum bisa terlayani di dalam. Jadi muter-muter disitu bikin macet. Jadi semua kok ngomong karena jalan. Kalau jalannya jadi, kondisi di dalam masih seperti itu, tetap macet,” ujar Djokir panggilan akrabnya usai Rapat Koordinasi Evaluasi Pengusulan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Jumat (26/7/2013) pagi.

Kementerian PU dalam hal ini menolak untuk disalahkan. Dijelaskan dia, kalau semua harus fair untuk melihat kondisi objektif di lapangan.

“Jangan salahkan Kemen PU. Kalau semua pihak mau mengatakan, dan semua pihak bisa ngomong menurut versinya masing-masing, saya juga dari pihak PU punya versi. Wartawan lihat dong ke lapangan. Jadi harus fair,” tegasnya.

Sebelumnya, kemacetan panjang terjadi di sekitar pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara yang merambat hingga Jalan Cempaka Putih, Jakarta Timur. Kemacetan bisa dua jam tidak jalan sama sekali, dan panjang kemacetan mencapai 2 Km. Tercatat, sudah hampir dua pekan kemacetan ini belum bisa dipecahkan, terlebih badan jalan dipenuhi oleh ratusan truk kontainer. (HST)