Presiden Vietnam Temui Obama Bahas Perjanjian Dagang

Foto: washingtonpost

Washington, Sayangi.com – Presiden Vietnam, Truong Tan Sang, bertemu dengan Presiden Obama di Gedung Putih, Washington, Kamis (25/07) untuk mendiskusikan perjanjian dagang. Amerika Serikat telah melakukan negoisasi bersama Vietnam dan sepuluh negara Asia Timur lainnya. Dia merupakan pemimpin tertinggi Vietnam kedua yang berkunjung ke Washington, Amerika Serikat, sejak dua negara yang sempat menjadi musuh ini mempererat hubungannya.

Selain membicarakan tentang perjanjian dagang, mereka juga membicarakan tentang perjanjian kerja sama militer. Namun kelompok hak asasi manusia dan keluarga dari keturunan pembangkang yang dipenjarakan oleh Vietnam mendesak Obama untuk menekan Presiden Sang terkait pelanggaran hak dan pembebasan tahanan politik.

Sebelumnya pada Rabu (24/07), Truong Tan Sang telah bertemu dengan para pejabat Amerika Serikat dan mendiskusikan kerja sama Trans Pasifik. Dia setuju dengan pentingnya kerja sama Trans Pasifik untuk menghubungkan ekonomi regional serta perkembangan ekonomi di masing-masing negara, demikian dilaporkan kantor berita Vietnam, VNA.

Sang menyarankan pihak AS untuk membuka pintu bagi produk Vietnam dan menghindari hambatan perdagangan impor dari Vietnam untuk memastikan kepentingan perusahaan Vietnam serta manfaat bagi konsumen AS. Dia juga meminta AS untuk segera mengakui Vietnam sebagai ekonomi pasar. Kedua negara harus mendiskusikan pembangunan kerangka kerjasama pertanian dalam waktu dekat, kata VNA. (FIT/bbc)