Hutan Jadi Kebun Sawit, Orangutan Tinggal 60 Ekor

Foto: Orangutan.org

Banda Aceh, Sayangi.com – Akibat terjadi perambahan besar-besar membuka perkebunan sawit di hutan gambut Rawa Tripa Kawasan Ekosistem Leuser (KEL), saat ini populasi orangutan kian menyusut. Bila tidak segera diatasi, keberadaan orangutan di kawasan tersebut dikhawatirkan akan punah.

“Orangutan di Rawa Tripa itu saat ini hanya tinggal 60 ekor, karena lahan semakin sempit dan berkurang, ruang gerak mereka juga semakin sempit dan ini membahayakan,” kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Amon Zamora, Jumat (26/7).

Dari pemantauan BKSDA, Rawa Tripa yang terletak di Kabupaten Nagan Raya saat ini sudah dipenuhi oleh kelapa sawit. Akibatnya, kata Amon, populasi orangutan semakin mengecil.

Amon menjelaskan, sebelumnya ada sekitar 200 orangutan berada di Rawa Tripa itu. Akan tetapi seiring semakin sempitnya lahan akibat perambahan hutan untuk perkebunan sawit, maka populasi mereka kian hari kian susut. “Jumlah orangutan kian berkurang, dan ini tidak boleh dibiarkan terjadi,” tuturnya.

Untuk sekedar diketahui, hutan Rawa Tripa merupakan hutan yang memiliki gambut berkedalaman 4 meter. Rawa ini berada di Kawasan Ekosistem Leuser di kabupaten Nagan Raya. Sebagian besar dari hutan tersebut saat ini sudah digarap oleh perusahaan sawit. (HST)