Ubah Toples Lamamu Menjadi Baru dengan Kreasi Flanel

Foto: maiaflanel.wordpress.com

Jakarta, Sayangi.com – Hari Raya Idul Fitri identik dengan berbagai makanan, aneka ragam kue kering pun menjadi hidangan yang tak pernah lekang dari jaman ke jaman. Toples-toples cantik pun menjadi salah satu tampilan di meja ruang tamu yang jadi perhatian para ibu, jelang lebaran ini. Di beberapa pusat perbelanjaan banyak yang menawarkan toples-toples hias untuk lebaran, namun anda pun bisa membuatnya dirumah. Jika anda memiliki toples lama, anda bisa mengkreasikan toples lama anda menjadi toples baru. Berikut beberapa kreasi toples flanel untuk lebaran yang dihimpun Sayangi.com.

Hiasan lebaran identik dengan ketupat, masjid, hingga bedug. Anda bisa mencoba membuat hiasan-hiasan dengan bentuk-bentuk seperti itu di toples anda. Caranya:

Persiapan

1. Siapkan toples dengan kualitas baik/tidak mudah pecah atau retak.

2. Siapkan kain flanel dan buatlah pola sesuai bentuk dan ukuran toples.

3. Persiapkan peralatan yang dibutuhkan seperti alat jahit (benang, jarung, gunting, dll), dakron (untuk pengisi kain), lem, serta aksesoris tambahan seperti pita, renda.

4. Untuk hiasan, siapkan kain flanel sesuai dengan warna yang menarik untuk hiasan anda. Misalnya hiasan ketupat anda bisa mempersiapkan kain flanel kuning dan hijau. Atau jika anda ingin membuat bunga, siapkan kain flanel warna merah, pink, atau ungu.

Tahap Melapisi Toples

1. Untuk bagian toples: Rekatkan kain yang sudah dipotong sesuai pola pada toples dengan menggunakan lem tembak, dan jahit kain flanel bagian bawah (alas) dengan kain yang menutupi badan toples.

2. Lakukan hal serupa untuk menutup bagian tutup toples.

Tahap Membuat Hiasan

1. Untuk hiasan bunga anda bisa membuat pola bulat dari kain flanel, lalu dilipat dua, kemudian digulung dan dijahit ujungnya. Bagian bunga nya bisa dibuat mekar dengan cara di tarik.

2. Untuk hiasan ketupat: Buatlah pola ketupat, lalu gunting bagian tengahnya namun jangan sampai putus, lalu anyam dengan pola flanel persegi panjang dengan warna yang lain. Lakukan hal yang sama untuk sisi yang kedua. Gunting flanel putih agak panjang untuk mengelilingi sisi ketupat. Ketupat sisi 1 dan sisi 2 dililit dengan flanel putih menggunakan lem. Sebelum tertutup semua, masukan dakron lalu sisi yang belum tertutup direkatkan dengan lem. Jika dirasa belum kuat bisa dijahit dengan kain.

3. Untuk pola masjid, bisa disesuaikan menurut selera bentuk dan warna yang anda inginkan.

4. Hiasan-hiasan tersebut kemudian bisa anda lem kebagian tutup toples atau disekitar badan toples, sesuai selera anda.

5. Dan kreasi toples anda bisa anda gunakan.