Wow… Tanjung Lesung ‘Dipoles’ Seperti Pariwisata Kota Air di Venesia

Foto: humaspdg.wordpress

Jakarta, Sayangi.com – Kawasan Tanjung Lesung dicanangkan untuk menjadi ‘master design’ pariwisata Kota Air tahun 2020 seperti Venesia, Italia. Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata yang dibentuk berdasarkan Peraturan Pemerintah No.26 Tahun 2013 itu diakan ‘dipoles’ agar menjadi cantik.

Dengan luas 1.500 hektare, potensi obyek wisata Pantai Tanjung Lesung tidak kalah menarik dengan obyek wisata pantai di daerah lainnya, termasuk Bali. Sayangnya, selama ini sebagian masyarakat belum begitu mengenal. Ditambah lagi sebelumnya infrastruktur jalan kurang begitu mendukung.

Menanggapi hal itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyatakan, pemerintah selain akan membangun jalan tol, rencananya akan ada pembangunan dermaga yang dikhususkan untuk menampung kapal pesiar.

“Itu target kita untuk Lesung. Jadi membangun dermaga untuk menampung kapal pesiar, karena ada Krakatau kan? Salah satu daya tariknya kan Krakatau. Jadi kalau kapal bisa merapat ke situ, itu salah satu tujuan kita juga,” jelas mantan Menteri Perdagangan itu usai Rapat Koordinasi Evaluasi Pengusulan KEK di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (26/7/2013).

Dikatakan Mari, Pemerintah Pusat bersama Pemerintah Provinsi Banten menargetkan pembangunan dermaga akan selesai tahun 2015.

“Itu kelihatannya sudah lebih pasti sudah ada rencana untuk membangun itu. Mudah-mudahan bisa dalam dua tahun,” katanya.

Infrastruktur lainnya menurut Mari adalah bandara. Ia menyebutkan kehadiran bandara sudah disetujui oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Saat ini bandara tengah memasuki masa studi kelayakan (FS).

“Bandara juga sudah ada FS-nya, dan juga dukungan Kemenhub. Tapi yang akan menginvestasikan di situ swasta,” terangnya.

Pemerintah diakuinya, berusaha memaksimalkan potensi aset yang ada sebagai upaya meningkatkan pendapatan Negara melalui investasi dengan membentuk KEK di bidang pariwisata.

KEK sendiri adalah kawasan dengan batas tertentu dalam wilayah hukum Negara yang ditetapkan untuk menyelenggarakan fungsi perekonomian dan memperoleh fasilitas tertentu.

Tanjung lesung akan menjadi obyek wisata andalan, selain pantai Carita, pulau Umang, Gunung Anak Krakatau serta Taman Nasional Ujung Kulon.

Kawasan ini merupakan kawasan pariwisata terpadu dengan fasilitas dan prasarana penunjang kepariwisataan seperti Hotel, Resort, Lapangan Golf, dan Sekolah Pariwisata berskala nasional maupun Internasional. Fasilitas ini rencananya akan dibangun secara bertahap guna meningkatkan dan pemerataan kegiatan ekonomi daerah tersebut. (MI)