Polisi Sudah Kantongi Pembunuh “Papa Genk” di Aceh Jaya

Foto: Twitter

Banda Aceh, Sayangi.com – Kepolisian Kabupaten Aceh Jaya sudah mengantongi tersangka pembunuhan gajah ‘Papa Genk’ pekan lalu. Tewasnya gajah tersebut sangat mengenaskan dengan kepala pecah serta gadingnya raib dicuri oleh pembunuh.

“Polisi saat ini sedang terus melakukan penyelidikan terhadap pembunuh gajah tersebut, dan sejumlah nama pembunuh telah dikantongi oleh polisi,” kata Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Aceh, Amon Zamora, Jumat (26/7).

Katanya, BKSDA juga tetap fokus untuk mengungkapkan motif dan pelaku dibalik pembuhunan¬†‘Papa Genk’ tersebut. Selain itu, katanya, BKSDA juga telah mengamankan gajah jinak lainnya yang ada di lokasi agar tidak tertimpa hal yang sama.

Dugaan sementara, kata Amon, pembunuh¬†‘Papa Genk’ itu bukan orang dari luar Aceh Jaya, akan tetapi orang di Aceh Jaya sendiri yang sedang terus didalami. “Pembunuh itu orang asli Aceh Jaya,” katanya.

Kasus ini sendiri sudah dilaporkan kepada Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan telah memerintahkan untuk diusut tuntas pelakunya. “Ini perintah Presiden langsung agar segera diusut tuntas,” jelasnya.

Akibat terbunuhnya¬†‘Papa Genk’, sebut Amon, ia sendiri mendapat teguran keras dari Menteri Kehutanan Republik Indonesia. “Oleh sebab itu saya mengajak seluruh komponen, baik LSM, NGO dan juga wartawan untuk secara bersama-sama mengungkapkan kasus ini, agar kedepan tidak kembali terjadi,” tutupnya.

Sebelumnya, melalui akun twitter @SBYudhoyono, Presiden SBY memerintahkan pengusutan kasus pembunuhan terhadap satwa liar yang dilindungi itu. “Kemenhut & Polda Aceh sedang melakukan penyelidikan. Saya telah instruksikan utk tindak pelakunya. Cegah, jangan sampai terjadi lagi,” ujar SBY pada Senin (15/7) lalu. (HST)