Pesona Iguazu di Perbatasan Brasil

Foto: passportto.iberostar.com

Misiones, Sayangi.com – Jika Indonesia memiliki The Giant Lizard Komodo yang dianugerahi UNESCO sebagai “The New Seven Wonder” maka Amerika Selatan memiliki Air Terjun Iguazu. Menurut beberapa sumber dailymail Air Terjun Iguazu lebih lebar dari Air Terjun Victoria dan tingginya melebihi Air Terjun Niagara.

Terletak diantara Brazil dan Argentina, pesona Iguazu begitu menyihir mata yang memandang. Tepatnya, Iguazu berlokasi di dua perbatasan negara, 20% di bagian Parana Brazil dan 80% nya berada di propinsi Misiones, Argentina. Dalam pengelolaannya, Air Terjun Iguazu masuk dalam perlindungan dua Taman Nasional yaitu Iguazu National Park Brazil dan Iguazu National Park Argentina.

Syahdan, keindahan Iguazu adalah kumpulan dari ratusan air terjun dengan variasi ketinggian yang berbeda. Setidaknya ada 275 air terjun yang dengan rata-rata ketinggian 60 meter hingga 85 meter. Debit air yang jatuh bisa mencapai 1.500 meter kubik air perdetik. Dan hampir keseluruhan air jatuh kedalam jurang panjang berbentuk “U” yang dikenal sebagai jurang ”The Devil’s Throat”.

Adalah Alvar Nunez Cabeza de Vaca, seorang penjelajah legendaris asal Spanyol yang disebut-sebut sebagai orang pertama yang menemukan air terjun ini pada tahun 1541. Nama Iguazu konon menyadur dari bahasa Guarani atau Tupi yang kemudian diketahui sebagai bahasa adat yang digunakan oleh penduduk Argentina Utara, Brazil bagian barat daya dan sebagian penduduk Paraguay. Yang artinya I (Air) dan uasu (besar).

Anda bisa mengakses tempat menakjubkan ini melalui tiga kota utama di kedua sisi air terjun, yaitu melalui Foz do Iguacu di Brazil dan Puerto Iguazu di provinsi Misiones-Argentina, atau dari Ciudad del Este, Paraguay. (FIT/dailymail)