Sensasi Menikmati Bakso Moncrot Tebet

Foto: Sayangi.com/Nur Fitriana

Jakarta, Sayangi.com – Jika ingin mencoba sensasi makan bakso yang lain dari biasanya, coba singgah ke kedai mungil Bakso Moncrot di kawasan Tebet. Mendengar namanya saja sudah Unik, apalagi sampai melahapnya.

Kalo dilihat sepintas, Bakso moncrot hampir sama dengan bakso kebanyakan. Banyak orang berpikiran ketika menggigit daging bakso ada isi yang memberikan sensasi moncrot atau muncrat dalam bahasa jawa yang artinya bertebaran kemana-mana. Tapi ternyata, Bakso Moncrot ini adalah Bakso daging sapi tanpa pengawet, dimana baksonya justru ada di dalam tomat segar. Tomat yang digunakan tidak terlalu matang, jadi ketika digigit masih renyah, gurih dan berasa asam. Jadi makan bakso ini tidak perlu menggunakan saos tomat lagi.

Menikmati bakso moncrot harus menggunakan tekhnik khusus. Makan dahulu bagian yang ada dagingnya di dalam, karena jika Anda langsung makan di bagian buahnya, maka bisa dipastikan air tomat akan langsung moncrot ke pakaian Anda atau ke orang lain di hadapan Anda.

Di tempat ini, Anda hanya perlu membayar baksonya saja. Mienya bisa Anda ambil sepuasnya alias gratis. Ada dua jenis mie yang bisa dipilih, yakni mie bihun dan mie kuning keriting. Untuk pelengkapnya, selain ada bawang goreng dan seledri, ada juga asinan lobak cina yang bisa membuat kuah bakso jadi terasa lebih segar. Jadi rasa kuahnya bisa Anda racik sendiri sesuai selera.

Jenis baksonya ada 4 macam. Bakso urat berukuran besar, bakso berukuran kecil, bakso moncrot (tomat) dan bakso gepeng. Anda bisa memilih semuanya, atau hanya memilih 2 macam saja karena ukuran bakso uratnya relatif besar. Seporsi bakso yang terdiri dari 1 bakso moncrot dan 1 bakso urat dihargai Rp 12 ribu saja. Cukup murah untuk seporsi bakso nikmat yang mengenyangkan bukan?

Saat buka puasa, kedai bakso moncrot ini selalu ramai akan pembeli. Jika tak cepat datang, anda harus mengantre tempat duduk karena kedai ini tak begitu luas. Penasaran? Datang saja ke Tebet, kedainya terletak di depan warung mas Mono dan di sebelah Bakso INO kawasan Tebet Gaul. (FIT)