Ahok: Kami Sudah Terlalu Baik …

Foto: beritajakarta.com

Jakarta, Sayangi.com – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama (Ahok) bilang, selama ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah terlalu baik kepada pedagang kaki lima (PKL) di Pasar Tanah Abang.

Menurut Ahok, Pemprov DKI sudah banyak memberikan apa yang dibutuhkan oleh para PKL, termasuk tempat yang layak. “Mereka ini dikasih nyaman maunya lebih, tambah lagi ngeyelnya minta ampun. Kita ini ‘kan udah baik hati loh, sudah nyiapin tempat. Dulu, kalau dagang di jalan kan langsung digusur. Hal seperti ini aja mereka enggak nyadar,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama, saat ditemui wartawan di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (26/7).

Kata Ahok, Pemprov DKI sebenarnya tidak punya kewajiban untuk menyediakan tempat relokasi, Pemprov DKI telah menetapkan areal Blok G pasar sebagai tempat relokasi dan siap dipakai serta bebas uang sewa selama enam bulan pertama.

“Sudah ada 500 orang yang dagang di Blok G, tapi kok yag lain tidak mau. Jadi maunya apa? Pemprov ini kan enggak punya kewajiban relokasi, dan Pemprov sudah menetapkan areal Blok G Pasar Tanah Abang tempat relokasi siap pakai dan bebas uang sewa selama enam bula pertama,” ucap Ahok.

Tambahnya lagi, Ahok mengatakan bahwa Pemprov DKI Jakarta tengah berupaya menertibkan para PKL di kawasan Pasar Tanah Abang Jakata Pusat untuk antisipasi mengatasi kemacetan. Namun, para PKL ini tetap saja banyak yang tidak mau direlokasi. Menurutnya, para PKL itu telah dipengaruhi oleh preman-preman setempat yang terbiasa meraup keuntungan uang dari lapak-lapak liar yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu.

“Mereka ini ‘kan terus melawan, enggak apa-apa. Kami tetap akan menempuh jalur pendekatan kepada para PKL agar mau ditata. Kalau tidak bisa, baru kami tempuh jalur hukum,” pungkas Ahok. (MSR)