Norwegia Jumpa Juara Bertahan Jerman di Final Sepakbola Putri Eropa

Foto: fifa.com

Norrkoping, Swedia, Sayangi.com – Norwegia akan berhadapan dengan penyandang gelar Jerman pada pertandingan final kejuaraan sepak bola putri Eropa, setelah mengalahkan tim negara tetangga Nordik, Denmark 4-2, lewat adu penalti setelah kedudukan bertahan 1-1 pada laga semi final, Kamis.

Norwegia mengejutkan Denmark ketika laga baru berlangsung tiga menit di Norrkoping, ketika bola operan Ingvild Stensland melaju ke dalam kotak penalti dan dimanfaatkan Marit Christensen tapi menyentuh bagian lain dari jala gawang.

Denmark, yang maju ke putaran berikutnya karena unggul dari peraturan setelah poinnya sama dengan Rusia pada penyisihan grup, membalas dalam laga yang berlangsung dengan tempo tinggi itu.

Kendati Denmark lebih mendominasi permainan, Norwegia berhasil memanfaatkan peluang ketika Ada Hegerberg menendang kencang dan bola melaju tipis di bawah tiang gawang ketika pertandingan berlangsung setengah jam.

Denmark menguasai bola lebih banyak pada babak kedua tetapi pertahanan Norwegia amat ketat sehingga pemain Denmark mengalami kesulitan menembus mereka.

Norwegia kelihatan nyaris memimpin pertandingan tapi Denmark menyamakan kedudukan pada menit ke-87, ketika Mariann Knudsen mendapat bola dari tendangan bebas Pernille Harder.

Gol itu cukup untuk membawa permainan maju ke pertambahan waktu tetapi Denmark yang mendominasi permainan tetap tidak dapat menembus gawang Norwegia, sehingga habis waktu tambahan dan terpaksa diadakan adu penalti.

Penjaga gawang Ingrid Hjelmseth menjadi pahlawan bagi Norwegia, ketika menjinakkan dua tendangan awal Denmark yang dilayangkan Line Roddik dan Theresa Nielsen. Sedangkan empat tendangan Norwegia berhasil memenuhi target mereka dan tendangan akhir Trine Ronning membawa mereka maju ke babak final.

Jerman mengalahkan tuan rumah Swedia 1-0 di Gothenburg pada pertandingan Rabu dan maju ke final, yang akan diadakan di Friends Arena di Stockholm, Minggu. (RH/ANT)