Vettel Tercepat di Latihan GP Hungaria

Foto: bbc.co.uk

Budapest, Sayangi.com – Juara dunia tiga kali asal Jerman Sebastian Vettel mencatatkan waktu tersepat ketika Red Bull mengunci dua urutan teratas di sesi latihan bebas pembuka Jumat, untuk Grand Prix Hungaria Minggu.

Pada hari yang panas di sirkuit Hungaroring yang berada di sebelah utara ibukota, Vettel mencatatkan waktu terbaik yakni satu menit 22,723 detik untuk mengungguli rekan setimnya yang berasal dari Australia Mark Webber dengan keunggulan seperduapuluh detik.

Pebalap Finlandia Kimi Raikkonen dari Lotus mencatatkan waktu tercepat urutan ketiga meski sempat melambat pada fase penutup, dan pebalap Spanyol Fernando Alonso dari Ferrari menduduki urutan keempat, unggul atas pebalap Prancis Romain Grosjean di Lotus kedua.

Pebalap Inggris Raya Jenson Button menjadi yang tercepat peringkat keenam dengan McLaren, unggul atas pebalap Jerman Adrian Sutil dari Force India dan pebalap senegaranya Nico Rosberg di Mercedes yang memimpin, pria Meksiko Sergio Perez pada McLaren kedua, dan pria Venezuela Pastor Maldonado dari Williams. Sembilan pebalap tercepat hanya terpisahkan waktu kurang dari satu detik.

Pebalap Inggris Raya Lewis Hamilton berjuang keras di Mercedesnya ketika ia menguji ban-ban baru Pirelli untuk pertama kalinya – tim itu mendapat skorsing dari tes Silverstone pada pekan lalu – dan ia merosot ke peringkat ke-13.

Rekan setim Alonso di Ferrari, Felipe Massa asal Brazil, menghui urutan ke-15.

Pada pagi yang panas di Hungaroring, suhu udara memuncak sampai yang paling rendah awalah sekitar 30 derajat celcius, sedangkan suhu di trek mencapai 43 derajat celcius – empat jam menjelang sesi kedua pada sore hari ketika suhu udara yang panas ini telah diramalkan.

Rosberg mencatatkan lap tercepat pertama kali di sesi ini dengan Mercedesnya sebelum diungguli Vettel, Raikkonen, Alonso, dan kemudian Webber sampai Vettel didekati olehnya pada menit-menit penutup untuk membuat Red Bull menguasai dua posisi teratas. (RH/ANT)