Dua Raksasa Jerman Akan Ulang Pertandingan Wembley

Berlin, Sayangi.com – Bayern Munich dan Borussia Dortmund akan bertanding pada Sabtu di Piala Super Jerman, yang merupakan ulangan dari pertemuan keduanya di final Liga Jerman, dengan Dortmund menolak disebut ingin melakukan balas dendam.

Kemenangan 2-1 Bayern atas Dortmund di Stadion Wembley pada Mei membuat Munich menjadi satu-satunya tim Jerman yang memenangi “treble” yakni menjuari Liga Champions, Liga Jerman, dan Piala Liga dalam semusim, namun Borussia memandang pertandingan Piala Super sebagai tolok ukur, ketimbang pembalasan atas apa yang terjadi di Wembley.

“Ini bukan balas dendam untuk Wembley,” kata bek Borussia asal Jerman Mats Hummels menjelang pertandingan di Dortmund.

Borussia memang hanya finis di peringkat kedua, dan dengan raihan 25 angka, di bawah Bayern pada Liga Jerman musim lalu, namun Hummels menambahkan, “Bagi kami, ini merupakan ujian bagus untuk melihat di mana posisi kami, namun kami tidak akan mendasari motivasi kami pada fakta bahwa kami kalah di London.” Dengan Liga Jerman akan dimulai pada 9 Agustus, ini merupakan saat yang tepat untuk memicu persaingan di antara kedua tim menjelang musim baru dimulai, namun berbagai hal telah berubah di kedua tim sejak Arjen Robben mencetak gol kemenangan di Wembley.

Pelatih Bayern Jupp Heynckes telah digantikan oleh mantan pelatih Barcelona Pep Guardiola, kapten Spanyol U-21 Thiago Alcantara telah direkrut dari Camp Nou, dan gelandang Jerman Mario Goetze telah didatangkan dari Dortmund.

Dortmund juga melakukan sejumlah pergantian dengan mendatangkan gelandang serang Pierre-Emerick Aubameyang dari St Etienne dan Henrikh Mkhitaryan dari Shakhtar Donetsk.

Sakit atau cedera membuat keduanya tidak akan tampil sejak menit pertama di markas Dortmund Westfalenstadion, di mana diperkirakan stadion itu akan dipenuhi oleh 80.645 penonton.

Mkhitaryan dipastikan absen untuk beberapa pekan mendatang setelah mengalami sobek ligamen pergelangan kaki pada pertandingan pra musim, sedangkan Aubameyang, bersama dengan pemain sayap Polandia Jakub ‘Kuba’ Blaszczykowski, diperkirakan akan menghuni bangku pemain cadangan ketika ia sedang memulihkan diri dari sakit perut.

Di antara mereka, Dortmund dan Bayern telah memenangi empat gelar Liga Jerman terakhir dan terdapat perhatian global untuk pertandingan ini, yang akan disiarkan di 195 negara.

Ketika Dortmund akan memulai pertandingan tanpa tiga pemain baru mereka, tim Bayern yang bertabur bintang akan tampil dengan kekuatan penuh.

Sang juara Eropa memenangi seluruh dari sembilan pertandingan persahabatan pra musim mereka, mengalahkan raksasa Katalan Barcelona 2-0 di Munich pada pertandingan persahabatan Rabu.

Guardiola memiliki sepuluh pemain internasional di lini tengahnya dan berkata bahwa ia akan bertemu para petinggi klub setelah pertandingan Sabtu untuk mendiskusikan perlukan beberapa pemain dijual sebelum bursa transfer berakhir pada akhir Agustus.

Gelandang Brazil Luiz Gustavo telah dikait-kaitkan dengan kepindahan ke Wolfsburg, sedangkan klub Liga Inggris Liverpool dilaporkan tertarik dengan pemain sayap asal Swiss Xherdan Shaqiri.

Kedua tim telah menurunkan tensi yang sempat meningkat di antara mereka pada awal tahun ini, khususnya menyusul pengumuman April bahwa Goetze telah mengaktifkan klausa di kontraknya untuk bergabung dengan Bayern.

“Musim lalu, terdapat satu atau dua gangguan, namun mereka menanganinya dengan memaparkan ke publik atau secara internal,” kata direktur olahraga Dortmund Michael Zorc.

“Kami akan menanganinya dengan baik yakni hanya berbicara mengenai kami sendiri.” Pada Februari, presiden Bayern Uli Hoeness mengutarakan pernyataan bahwa “status quo di Jerman telah direstorasi” setelah Munich mengalahkan Dortmund di perempat final Piala Jerman.

Direktur olahraga Bayern Matthias Sammer menegaskan, “Akan selalu ada sedikit rivalitas.”

Sementara itu, Bayern Munich tidak akan diperkuat pemain sayap Franck Ribery dan kiper Manuel Neuer ketika mereka melakukan lawatan ke markas Borussia Dortmund untuk memainkan Piala Super pada Sabtu, pada laga yang merupakan ulangan final Liga Champions musim lalu.

Pelatih Pep Guardiola, yang mengambil alih posisi tersebut setelah Jupp Heynckes membawa tim Bavaria itu menjalani musim dengan berbagai pemecahan rekor baru, mengatakan dua pemain mengalami cedera minor yang didapat saat mereka menang 2-0 atas Barcelona pada pertandingan di pekan ini, dan tidak akan bugar pada peluang pertama mereka untuk meraih trofi musim ini.

Guardiola, yang memenangi 14 dari peluang 19 gelar selama empat tahunnya melatih Barcelona, juga meragukan partisipasi gelandang bastian Schweinteiger, yang belakangan baru pulih dari cedera.

“Bastian akan bepergian dengan kami namun saat ini kami belum tahu apakah ia dapat bermain. Ia hanya menjalani beberapa sesi latihan,” kata pria Spanyol itu kepada para pewarta pada Jumat.

Mario Goetze, yang ditransfer Bayern dari Dortmund, juga akan absen pada pertandingan itu karena ia masih memulihkan diri dari cedea otot yang membuat dirinya tidak dapat tampil di final Liga Champions pada Mei.

Kedua tim itu bersaing ketat di Liga Jerman dalam tiga musim terakhir, di mana Dortmund memenangi gelar pada 2011 dan 2012, dan Bayern kembali merebut tampuk juara pada musim lalu, ketika mereka juga meraih trofi Liga Champions dan Piala Jerman. (RH/ANT)