United “Tertahan” di Kampung Halaman Kagawa

Foto: manutd.com

Osaka, Sayangi.com – Gol di penghujung pertandingan yang dibukukan wajah baru Wilfried Zaha menyelamatkan Manchester United dari kekalahan memalukan ketiga di tur pra musim Asia mereka pada Jumat, bermain imbang 2-2 dengan Cerezo Osaka yang merupakan bekas tim Shinji Kagawa di Liga Jepang.

Kagawa, yang pindah ke Old Trafford dari Borussia Dortmund setahun silam, juga memukau 44.856 penonton di Stadion Nagai dengan mencetak gol pertama United setelah menyia-nyiakan peluang yang dimilikinya dengan melepaskan tembakan penalti tepat ke arah kiper Osaka Kim Jin Hyeon.

Setan Merah sekarang meraih dua kemenangan dan dua kekalahan di Asia setelah kalah dari tim All Star Liga Thailand 0-1 dua pekan silam di Bangkok, menang 5-1 atas All Star Liga Australia di Sydney, dan kembali kalah 2-3 dari Yokohama Marinos Selasa silam.

“Saya gembira,” kata pelatih baru United David Moyes setelah pertandingan. “Saya berpikir tim kami melakukannya dengan sangat baik. Saya gembira dengan cara kami mencetak gol terakhir.” “Saya pikir itu adalah penampilan terbaik kami sejak kami melakukan tur ini.” Gol larut Zaha merupakan hasil tekanan sang juara Inggris pada malam yang panas di menit-menit terakhir, ketika Adnan Januzaj menggiring bola masuk ke area pertahanan Cerezo dan mengoperkan bola ke Anderson di sisi kiri.

Gelandang Brazil itu melepaskan umpan silang ke sudut jauh di mana Zaha menaklukkan Kim untuk menciptakan gol penyama kedudukan satu menit menjelang perpanjangan waktu, mencetak gol perdananya untuk United.

Pemain kelahiran Pantai Gading Zaha (20), yang bermain sebagai gelandang Inggris U-21, bergabung dari dengan United dari Crystal Palace pada Januari.

“Ia begitu pendiam saat itu, masih berusaha mengenal semua orang,” kata Moyes, yang mengambil alih posisi itu dari Alex Ferguson sebagai pelatih United pada akhir musim lalu.

“Saya pikir malam ini akan membantu dia dengan baik, karena ia memperlihatkan kepada para pemain bahwa ia dapat mewujudkan beberapa hal.” Penyerang Cerezo Kenyu Sugimoto membuka gol pada menit ke-34 ketika ia menaklukkan dua pemain bertahan untuk melepaskan sepakan kaki kiri melewati Lindegaard setelah memotong operan pemain United Chris Smalling.

United nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-40 ketika Kagawa melepaskan tembakan yang melambung setelah penyerang Belanda Robin van Persie memberi umpan silang tajam pada bola pantul dari tembakan Danny Welbeck yang membentur tiang gawang kiri.

Kagawa gagal mengeksekusi penalti dengan sempurna pada menit ke-53, ketika Ashley Young dijatuhkan bek Cerezo Tatsuya Yamashita.

Namun pemain Jepang berusia 24 tahun itu dengan cepat memulihkan harga dirinya dengan mencetak satu gol untuk United dua menit kemudian, melesakkan bola melewati kaki Kim setelah mendapat umpan silang dari kiri yang disodorkan Ryan Giggs.

“Saya gagal mengeksekusi penalti dan saya meletakkan diri saya sendiri dalam tekanan besar. Saya gembira karena saya mampu mencetak gol,” kata Kagawa, yang meninggalkan Osaka untuk pindah ke Dortmund pada pertengahan 2010 dan membantu tim Jerman menjuarai liga selama dua tahun berturut-turut.

Beberapa menit berselang Kagawa digantikan di tengah sambutan hangat dari bekas pendukungnya, Cerezo mengejutkan juara Inggris itu dengan mencetak gol keduanya melalui penyerang 18 tahun Takumi Minamino pada menit ke-63.

Tembakan Minamino dari sisi kiri luar kotak penalti bersarang ke sudut atas gawang. Namun Zaha mampu menyelamatkan wajah tim tamu dengan gol penyama kedudukannya.

“Kami membuat kesalahan fatal pada masa perpanjangan waktu ketika kami kehilangan konsentrasi,” kata pelatih Cerezo yang berasal dari Brazil Levir Culpi. “Ini adalah pertandingan yang semestinya dapat kami menangi.” Untuk pertandingan terakhir di tur Asia mereka sang juara Inggris akan bermain melawan Kitchee FC di Hong Kong pada Senin, dan mengakhiri persiapan pra musim mereka dengan pertandingan melawan klub Swedia AIK Fotboll di Stockholm pada 6 Agustus.

United akan mulai berusaha mempertahankan gelar mereka dengan bertandang ke markas Swansea City pada 17 Agustus. (RH/ANT)