Busyet… Harga Bawang Merah Tembus Rp60 Ribu/Kg

Foto: sayangi.com/Okky

Palembang, Sayangi.com – Harga bawang merah di pasar tradisional Kota Palembang, sejak beberapa hari terakhir hingga Sabtu tercatat Rp60 ribu/kg. Harga tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan sebelumnya Rp48 ribu/kg.

“Padahal harga normalnya cuma sekitar Rp18 ribu/kg,” kata Rifin, salah seorang pedagang di pasar tradisional Kelurahan 7 Ulu Palembang, Sabtu (27/7/2013)

Harga Rp60 ribu/kg ini sebenarnya bukan harga baru. Pasalnya selama sebulan terakhir harga bawang merah sudah pernah mencapai harga tersebut. Namun, harga tersebut hanya berlangsung beberapa hari, kemudian berangsur turun hingga kisaran Rp34 ribu/kg. Hanya saja, dalam sepekan terakhir kembali naik hingga mencapai Rp60 ribu/kg.

Menurut dia, harga bawang merah tergantung dengan kondisi pasokan barang dan bila stok di pedagang melimpah dengan sendirinya akan turun, demikian sebaliknya.

Biasanya ketika harga melambung seperti kondisi dua hari terakhir, sejumlah agen akan berusaha mendatangkan barang lebih banyak, sehingga harga jual akan berangsur normal.

Mengenai permintaan konsumen, kata dia, selama bulan suci Ramadhan ini meningkat, sehingga tidak berimbang dengan jumlah pasokan bawang merah yang cenderung stabil.

Kondisi demikian, dengan sendirinya akan memicu harga jual menjadi naik, karena permintaan konsumen tinggi.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Palembang, Ibnu Rohim sebelumnya mengatakan bahwa pihaknya sudah mengecek ke pedagang-pedagang pengumpul bawang merah dan dipastikan stok sekarang ini mencukupi kebutuhan selama beberapa pekan mendatang.

Menurut dia, kebutuhan bawang merah mencapai 50 ton per hari yang dipasok dari Sumatera Barat dan Jawa Tengah.

Pihaknya optimistis walaupun saat ini harga bawang itu mahal tetapi tidak akan kekurangan stok. Apalagi dalam waktu dekat sentra produksi bawang segera panen.

Sementara, pantauan Antara pada sejumlah pasar tradisional di Kota Palembang sejak beberapa hari terakhir, masing-masing pedagang menyediakan stok bawang merah dalam jumlah yang cukup.

Demikian pula dengan permintaan konsumen cukup tinggi, terbukti masing-masing pedagang rata-rata sibuk melayani calon pembeli. (MI/Ant)