Amankan Idul Fitri, Polres Jayapura Siagakan 500 Personel

Foto: Antara

Sentani, Sayangi.com – Kepolisian Resor (Polres) Jayapura menyiagakan sekitar 500 personel gabungan untuk mendukung pengamanan selama masa arus mudik dan balik Idul Fitri 1434 Hijriah di wilayah hukum sekitar ibu kota Provinsi Papua tersebut. Ke-500 personel tersebut berasal dari berbagai regu atau unit dan merupakan sepertiga kekuatan aparat yang ada.

“Saat lebaran aparat kepolisian biasanya menjaga kawasan bandara, depan Masjid Raya dan sekitar Mal Borobudur. Selain itu siaga di objek-objek wisata seperti Pantai Depapre dan Khalkote, Distrik Sentani Timur,” ujar Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Jayapura AKBP Roycke Harry Langie di Sentani, Jumat (2/8).

Kapolres menuturkan pihaknya akan melakukan langkah antisipasi sesuai dengan arahan Kapolri, yaitu terkait ancaman teroris dan gangguan keamanan, termasuk penjagaan rumah yang ditinggal mudik atau bepergian.

“Guna mendukung tugas pengamanan tersebut, kami akan melakukan pendataan lagi agar dapat memperoleh data yang valid,” tandasnya.

Selain itu, Kapolres mengungkapkan penjagaan di tiap rumah ibadah selama perayaan hari raya Lebaran tetap dilakukan yaitu dengan menempatkan personel untuk siaga. “Sedangkan untuk razia atau penyisiran, akan dilakukan secara selektif. Termasuk saat menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus nanti,” urainya.

Ia mengatakan razia dilakukan untuk mencegah adanya warga yang membawa senjata tajam, meskipun situasi menjelang lebaran ini cukup kondusif. “Situasi keamanan yang kondusif ini juga berkat kerja sama dengan masyarakat,” tegasnya.

Kapolres menambahkan pihaknya juga akan mengerahkan aparat bersepeda motor untuk patroli di wilayah Kabupaten Jayapura. (HST/ANT)

Berita Terkait

BAGIKAN