Hari ini, Pendaftaran Terakhir PKL ke Blok G Pasar Tanah Abang

Foto: Sayangi.com/Reza Indrayana

Jakarta, Sayangi.com – Pasar Blok G Tanah Abang, Jakarta Pusat, semakin diminati pedagang kaki lima (PKL). Tidak hanya mereka yang warga Jakarta, warga luar Ibu Kota juga ikut mendaftar sebagai calon penyewa lapak. Mereka siap direlokasi untuk mencari kepastian dan kenyamanan usaha.

Sampai hari ini, Jumat (2/8), petugas mencatat ada 695 pedagang yang telah mendaftarkan diri di Blok G. Sejak pendaftaran dibuka pada 17 Juli lalu, rata-rata jumlah pedagang yang mendaftar dalam sehari sekitar 30 orang. Namun, dalam dua hari terakhir, jumlahnya meningkat hingga tiga kali lipat. Hari Kamis (1/8) kemarin sampai hari ini ada 107 pedagang ber-KTP Jakarta dan 20 pedagang ber-KTP luar Jakarta yang melakukan pendaftaran.

Pihak pengelola Pasar Blok G dan petugas dari Suku Dinas Koperasi, UMKM, dan Perdagangan Jakarta Pusat menyatakan akan membuka pendaftaran hingga Jumat (2/8) ini.

“Saya harap, di hari terakhir ini, pendaftaran dapat dimanfaatkan para pedagang. Pemerintah sudah mengusahakan akan segera mungkin memperbaiki kekurangan-kekurangan di Blok G. Dan Gubernur DKI sudah mengratiskan biaya sewa selama enam bulan pertama. Memang harus ada masa transisi supaya mereka tidak terbebani” ujar Kepala Pasar Blok G, Warimin, kepada Sayangi.com, Jumat (2/78).

Sementara itu Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi), saat dikonfirmasi Sayangi.com mengatakan bahwa para pedagang di Blok G Pasar Tanah Abang Jakarta Pusat itu wajib membayar nanti setelah lepas dari 6 bulan pertama. Namun, kata Jokowi, besarnya biaya sewanya itu masih dalam penghitungan.

“Untuk enam bulan pertama bebas. Setelah itu bayar dong, jualan di jalan saja mereka membayar berjuta-juta, masa diberi kios tidak mau membayar. Jangan maunya gratis terus,” kata Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, di Balaikota DKI, Jumat, (2/8).

Sedangkan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama (Ahok) juga menegaskan akan menjamin kelangsungan usaha para PKL yang pindah ke Pasar Blok G Pasar Tanah Abang. Sarana yang dibutuhkan pedagang akan segera disediakan agar pasar yang dahulu ditinggalkan pedagang itu kembali diminati.

“Sarana yang dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya PKL Pasar Tanah Abang akan segera¬† kita sediakan. Jangan khawatir, kami tetap membela sepenuhnya kepada pedagang kaki lima Tanah Abang,” tegas Wagub DKI Jakarta, Basuki Tjahja Purnama, di Balaikota, Jumat (2/7). (HST)

Berita Terkait

BAGIKAN