Legislator Minta Konsorsium Asuransi Tunjukkan Komitmen Perlindungan TKI

Jakarta, Sayangi.com – Anggota Komisi IX DPR, Poempida Hidayatulloh menyambut baik respon Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) yang telah memutuskan 3 konsorsium asuransi.

“Dengan terpilihnya 1 BUMN perusahaan asuransi dan 2 perusahaan swasta asuransi, maka ini menunjukkan hal positif karena BUMN dapat menjadi pedoman bagi perusahaan lain,” katanya Jumat (2/8).

Seperti diketahui, Pemerintah menerbitkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) yang menetapkan 3 konsorsium asuransi TKI. Menakertrans Muhaimin Iskandar pada 30 Juli 2013 lewat Kepmenakertrans No 212/2013 menetapkan Konsorsium Asuransi TKI Jasindo, Astindo dan Mitra TKI sebagai penyelenggara asuransi TKI.

Poempida meminta agar perusahaan asuransi swasta harus mampu menunjukkan kontribusi terhadap mekanisme perlindungan TKI. Lanjut Poempida, ketiganya tidak boleh bersaing dalam hal pembayaran premi oleh TKI. Artinya tidak ada yang banting harga namun disesuaikan dengan semangat perlindungan TKI.

“Ketiga perusahaan asuransi harus menunjukkan komitmen perlindungan,” tegasnya.

Namun di sisi lain, Poempida yang juga politisi dari Fraksi Partai Golkar ini menganggap Kemenakertrans masih memiliki rapor merah dalam hal perlindungan TKI. “Karena masih menunggu putusan MA, seharusnya Kemenakertrans dapat memutuskan sendiri mana yang pantas menjadi konsorsium asuransi,” katanya. (HST)

Berita Terkait

BAGIKAN