Waspadai Cuaca Buruk di Saat Mudik

Foto: Ant

Sumenep, Sayangi.com – Bila Anda hendak mudik, anda harus mewaspadai kondisi cuaca. Sebab, bila terjadi cuaca buruk, tidak hanya akan mengganggu, tetapi bisa juga membahayakan keselamatan Anda, baik pemudik jalur darat, udara, terlebih jalur laut.

Peringatan akan potensi cuaca buruk ini sudah ada di berbagai daerah. Di Sumenep, Madura misalnya, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas V Kalianget sudah mengkhawatirkan terjadinya cuaca laut ekstrem berpotensi buruk selama masa angkutan Lebaran 2013.

“Masa angkutan Lebaran pada Agustus 2013 merupakan sesuatu yang mengkhawatirkan bagi kami, karena biasanya cuaca laut ekstrem (cepat berubah) berpotensi buruk dan membuat aktivitas pelayaran kapal penumpang terganggu,” kata petugas Keselamatan Berlayar, Penjagaan, dan Patroli Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas V Kalianget, Welliyanto di Sumenep, Jawa Timur, Jumat (8/2/2013)

Ketika cuaca laut dinyatakan buruk, kata dia, pihaknya tentu akan mengeluarkan imbauan kepada nahkoda maupun perusahaan pelayaran pengelola kapal penumpang untuk menunda pemberangkatan demi keselamatan penumpang.

Kondisi serupa juga terjadi di Kota Palembang dan Bangka Belitung. Di Palembang, BMKG Sumatera Selatan memprakirakan masih akan terjadi hujan ringan dalam beberapa hari dari sekarang. Ini ditunjukkan dengan Jumat ini, ibu kota provinsi Sumsel itu berpotensi hujan dengan intensitas ringan memiliki suhu udara berkisar 23 hingga 32 derajat Celcius, kelembaban udara antara 65 hingga 97 persen, dan kecepatan angin sekitar 30 kilometer per jam menuju tenggara.

Selain Palembang, 11 kota lainnya di provinsi yang memiliki 15 kabupaten dan kota ini juga berpotensi hujan ringan yakni Baturaja, Kayu Agung, Lahat, Sekayu, Pangkalanbalai, Martapura, Muaradua, Indralaya, Pagaralam, Lubuklinggau, dan Prabumulih.

Begitu di Pangkalpinang. BMKG daerah itu memprakirakan cuaca di daratan Provinsi Bangka Belitung (Babel) berawan dan berpeluang hujan, berlaku mulai Sabtu (3/8) pukul 07.00 WIB.

“Cuaca di daratan Kabupaten Belitung diperkirakan berawan dan berpeluang hujan ringan, arah dan kecepatan angin dari Timur – Selatan berkisar 5 – 15 km per jam, suhu udara 23 – 33 derajat Celsius dan kelembaban udara mencapai 60 – 98 persen,” ujar Staf Koordinator Unit Analisa pada Kantor BMKG Pangkalpinang Nur Setyawan di Pangkalpinang.

Bahkan, peringatan cuaca buruk tidak hanya bagi pemudik, tetapi juga bagi wisatawan yang menikmati kawasan wisata laut saat liburan lebaran. Ini seperti yang dilakukan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta dengan mengingatkan wisatawan di pantai selatan DIY agar selalu waspada karena selama libur Lebaran diperkirakan tinggi gelombang laut selatan mencapai dua hingga tiga meter.

“Gelombang dengan tinggi lebih dari dua meter sudah bisa dikatakan melebihi batas normal. Karenanya, wisatawan di pantai selatan harus terus waspada,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta Tony Agus Wijaya di Yogyakarta.

Menurut dia, tingginya gelombang laut selatan DIY sudah terjadi sejak pekan ini dan diperkirakan akan terus berlangsung hingga akhir Agustus.Tingginya gelombang laut selatan DIY dipengaruhi oleh kecepatan angin yang mencapai sekitar 30 kilometer (km) per jam.”Karena gelombang tinggi, maka sebaiknya wisatawan tidak mandi di laut dan mematuhi aturan di pantai demi keselamatan mereka,” katanya. (MI/Berbagai sumber)

Berita Terkait

BAGIKAN