NBL Dua Kali Sambangi Jakarta Musim Depan

Foto: Antara

Jakarta, Sayangi.com – Liga Bola Basket Nasional (NBL) Indonesia dijadwalkan menyambangi Jakarta sebanyak dua kali untuk menggelar seri kedua dan seri keenam pada musim reguler 2013/2014 yang akan mulai bergulir pada November mendatang.

Siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat, menyebutkan ibu kota Indonesia tersebut akan menjadi tuan rumah pada seri kedua yang dijadwalkan berlangsung pada 11-19 Januari 2014 dan seri keenam pada 19-27 April 2014 Keberadaan empat tim yang bermarkas di Jakarta menjadi alasan kuat terpilihnya kota itu menyelenggarakan dua seri musim reguler NBL 2013/2014.

“Tahun ini kami ingin memaksimalkan diri di kota-kota yang kami anggap memiliki basis pendukung kuat. Akan tetapi bukan berarti kami akan meninggalkan kota-kota lain,” kata Komisioner NBL Indonesia Azrul Ananda dalam siaran pers tersebut.

Azrul menjanjikan untuk musim-musim selanjutnya, NBL, yang tahun ini memasuki usia empat musim, akan mempertimbangkan kota-kota lain dengan potensi bola basket yang ada.

Seri pembuka NBL 2013/2014 dijadwalkan berlangsung di Malang pada 16-24 November 2013, yang akan diselingi jeda selama satu setengah bulan mengingat adanya penyelenggaraan SEA Games XXVII pada Desember mendatang.

Kemudian setelah menyambangi Jakarta untuk seri kedua, NBL akan bergeser ke Solo pada 8-16 Februari 2014 untuk seri ketiga, yang dilanjutkan dengan seri keempat di Bandung pada 8-16 Maret, kemudian setelah kembali ke Jakarta pada seri kelima akan diakhiri dengan seri keenam di Surabaya pada 10-18 Mei.

Sementara Seri Championship kembali akan digelar di Yogyakarta pada 7-15 Juni. Pada Bulan 26 Mei 2013 silam, Yogyakarta menjadi saksi kembalinya Aspac ke puncak tertinggi bola basket profesional di Indonesia, setelah mengalahkan Pelita Jaya Energi-MP 63-50 di laga final.

Bali yang pada musim lalu menyelenggarakan seri kelima kali ini tidak mendapat giliran.

Sebelum memasuki musim reguler, 12 tim peserta NBL akan berlaga dalam turnamen pramusim di Surabaya pada 21-29 September 2013. Pelita Jaya Energi-MP (kala itu masih bernama Pelita Jaya Esia), berhasil mereguk gelar juara turnamen pramusim 2012 setelah membungkam juara bertahan CLS Knights Surabaya 79-56.

Azrul mengaku dirinya berharap tren membaik dari NBL selama tiga musim pertama yang diperlihatkan dengan ketatnya persaingan dan perbaikan kualitas penyelenggaraan akan terus meningkat di musim keempat.

“Dalam tiga tahun pertama persaingan terus semakin ketat dan kualitas penyelenggaraan selalu kami tingkatkan. Untuk musim keempat semoga tren terus membaik dan bola basket Indonesia terus melaju ke arah yang diidam-idamkan seluruh penggemar,” ujarnya.

Pada musim ini, NBL kembali akan diramaikan 12 tim di antaranya adalah finalis musim lalu Dell Aspac Jakarta dan Pelita Jaya Energi-MP. Kemudian pengoleksi dua gelar NBL, Satria Muda Britama Jakarta juga akan berusaha membangun kembali kejayaan mereka.

Sementara Bandung yang pada musim lalu diwakili oleh satu tim saja, Garuda Kukar akan mendapat satu perwakilan baru yaitu BSC Bandung Utama, hasil merger dari klub lokal Bandung Utama dengan tim BSC yang sebelumnya bermarkas di Jakarta.

Selain itu ada juga Stadium Jakarta, Hangtuah Sumatera Selatan Indonesia Muda, CLS Knights Surabaya, Pacific Caesar Surabaya, NSH GMC Riau, Satya Wacana LBC Angsapura Salatiga, dan Bimasakti Nikko Steel Malang.

Di sisi lain, kompetisi Liga Bola Basket Nasional Wanita (WNBL) Indonesia akan diselenggarakan dengan seri pembuka di Jakarta, bersamaan dengan seri kedua NBL.

Selanjutnya WNBL yang diselenggarakan selama lima seri musim reguler dan seri championship akan digelar dalam waktu bersamaan dan di satu kota yang sama dengan NBL. (RH/ANT)

Berita Terkait

BAGIKAN