Pelabuhan Merak Mulai Diserbu Pemudik Jumat Malam

Foto: Antara

Merak, Sayangi.com – Pemudik yang menggunakan kendaraan di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Jumat malam, mulai ramai memadati areal parkir dermaga pelabuhan untuk menyeberang menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Ribuan kendaraan roda dua, roda empat, bus, dan truk terlihat memadati areal parkir dermaga Pelabuhan Merak. Pemudik berkendaraan itu datang sejak pukul 20.00 WIB, dan diperkirakan hingga dini hari terus bardatangan.

Meskipun terjadi kepadatan kendaraan, arus mudik tampak berjalan lancar.

“Kami bekerja keras untuk mengatur lalu lintas agar kendaraan bisa diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung,” kata Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Mario S. Oetomo di Merak.

Menurut dia, saat ini, lonjakan jumlah penumpang maupun kendaraan yang hendak menyeberang ke Pulau Sumatera mulai meningkat jika dibandingkan dengan sore hari.

Mereka para pemudik memilih berangkat malam hingga dini hari sehingga terjadi kepadatan kendaraan di sekitar areal parkir dermaga Pelabuhan Merak pada waktu itu.

Namun, seluruh penumpang dan kendaraan bisa diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

“Kami mengoperasikan kapal sebanyak 28 armada untuk mengatasi kepadatan penumpang dan kendaraan,” katanya.

Ia memprediksi bahwa puncak arus mudik pada H-3 karena sudah memasuki liburan (masa libur) Idulfitri 1434 Hijriah.

Pihaknya terus melakukan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang menggunakan jasa penyeberangan untuk memberikan rasa nyaman dan keselamatan.

“Kami memperkirakan kendaraan yang sudah diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung di atas 8.000 unit,” katanya.

Manajer Usaha PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Nana Sutisna mengatakan bahwa pihaknya telah menyediakan sebanyak 10 loket untuk melayani pemudik berkendaraan.

“Saya kira dengan 10 loket itu tentu tidak terjadi antrean kendaraan,” katanya. (RH/ANT)