Pangdam Cendrawasih: Elit Politik Papua Jangan Resahkan Masyarakat

Foto: www.kodam17cenderawasih.mil.id

Timika, Sayangi.com – Panglima Komando Daerah Militer XVII/Cendrawasih Mayjen TNI Christian Sebua mengingatkan para elit politik di Papua agar tidak membuat pernyataan-pernyataan yang dapat meresahkan masyarakat.

“Kalau tidak bisa menyumbangkan sesuatu kepada masyarakat supaya masyarakat senang dan mereka bisa hidup layak dan maju, jangan membuat pernyataan yang membuat rakyat terusik,” kata Christian Sebua di Timika, Jumat.

Pangdam Cenderawasih mempersilahkan sebagian elit politik di Papua berbeda pendapat dalam menyikapi suatu persoalan.

“Kalau ada yang berfikir berbeda dengan kita, yah silahkan, tapi masyarakat jangan diganggu,” ujarnya mengingatkan.

Bagi TNI, katanya, tugas utama adalah melindungi rakyat dari berbagai gangguan, termasuk oleh kelompok sipil bersenjata dan kekuatan politik lainnya yang ingin memecah-belah persatuan rakyat.

Jika ada para elit politik Papua yang keluar dari aturan hukum negara, katanya, kewajiban TNI untuk mendorong pihak kepolisian agar menegakkan supremasi hukum.

“Saya akan dorong polisi untuk menegakkan hukum kepada mereka yang keluar dari aturan agar masyarakat tenang dan Papua lebih maju,” tuturnya.

Pangdam Cenderawasih Mayjen Christian Sebua bersama rombongan tiba di Timika pada Kamis (1/8) pagi dengan penerbangan Garuda Indonesia dari Jakarta.

Setelah itu, Pangdam bersama rombongan melanjutkan perjalanan ke Enarotali, ibu kota Kabupaten Paniai menggunakan helikopter untuk menghadiri kegiatan sosialisasi pencegahan HIV/AIDS di kalangan prajurit TNI yang bertugas di wilayah itu.

Sekembalinya ke Timika, Pangdam menghadiri acara buka puasa bersama dengan para prajurit TNI se-garnizun Timika bertempat di Markas Komando Batalyon Infanteri 754/Eme Neme Kangasi.

Menurut Pangdam, selama Bulan Ramadhan dirinya berkeliling Papua untuk mengunjungi para prajurit TNI yang bertugas di berbagai daerah dan menggelar acara buka puasa bersama dengan mereka.

“Saya ke Merauke, Keerom, Sentani, Bintuni, Kaimana dan akan ke Sorong untuk kegiatan safari Ramadhan dengan seluruh prajurit. Saya ingin prajurit kita memiliki moralitas yang tinggi selama bulan Ramadhan ini,” kata Pangdam Cenderawasih, Christian Sebua.

Penegasan ini di sampaikan Pangdam antara lain menyusul ancaman salah satu anggota DPR papua yang mengancam merdeka jika Papua tidak dipilih menjadi tuan rumah PON 2020. (RH/ANT)

(RH/ANT)

Berita Terkait

BAGIKAN