Hatta Rajasa Lepas Belasan Ribu Pemudik PAN

Photo: sayang.com/Okky

Jakarta, Sayangi.com – Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN)  Hatta Rajasa melepas belasan ribu pemudik yang ikut serta dalam program Mudik Gratis Bersama Partai Amanat Nasional Sabtu (3/8/2013). Gelar mudik gratis tersebut mengambil tema “Mudik Gratis Bersama Pulang Aman Nyaman”.

“Mudik Bersama ini dilaksanakan sebagai bentuk aksi nyata Partai Amanat Nasional. Dengan mudik bersama ini, kita harus saling rukun tidak ada kekerasan, apapun latar belakang agama dan suku mari kita rukun hidup berdampingan di negara ini”, Kata Hatta Rajasa di hadapan para pemudik yang memadati Hall Basket Kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta.

Hatta pada kesempatan itu juga meminta doa dari belasan ribu pemudik agar PAN dijauhkan dari korupsi. “Doakan PAN bekerja untuk rakyat terus dan bebas korupsi,” kata  Menko Perekonomian ini.

Selain Hatta, hadir pula Ketua MPP PAN Amien Rais. Amien pada kesempatan tersebut memimpin doa sebelum keberangkatan para pemudik. Selain itu tampak juga hadir Sekjen PAN yang juga Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan dan Ketua Fraksi PAN DPR Tjatur Sapto Edy.

Ketua Penyelenggara Mudik Bersama PAN, Laurens Bahang Dama mengungkapkan,  sejak dibuka pendaftaran dari 19 sampai 25 Juli, total yang mendaftar mudik ke PAN sebanyak 13.548 orang dan yang mengambil tiket sebanyak 12.648 orang menggunakan 248 bus dengan 67 kota tujuan.

“Pemudik ke Jawa Tengah dan Yogyakarta  berjumlah 8.737, Jawa Timur 3439 orang, dan Sumatera 472 orang,” ujar Laurens.

Seorang pemudik tujuan Madura, Martabi, mengaku sangat terbantu dengan program mudik gratis ini. Menurutnya, alokasi yang disediakan untuk ongkos transportasi bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lain di kampung halaman.

“Alhamdulillah banget,  uang yang tadinya buat ongkos mudik bisa buat kebutuhan lain di kampung”, ujar pria asal Kertagena Tengah Pamekasan yang sehari-hari berprofesi sebagai pekerja bangunan ini.

Program Mudik Bersama ini juga dijadikan ajang sosialisasi bagi para Calon Anggota Legislatif dari Partai Amanat Nasional. Fajar Aries, Panitia yang juga Caleg DPRD Provinsi DKI Jakarta ketika ditemui sayangi.com di lokasi acara mengaku mengkoordinasi sekitar 400 orang pemudik dari dapilnya.

“Saya mengkoordinir kurang lebih 400 orang. Mereka berasal dari Dapil Jakarta 8 seperti Mampang Prapatan, Pasar Minggu, dan Tebet. Kebanyakan dari mereka mudik ke Jawa dan sudah lama menjadi konstituen binaan saya. Mudah-mudahan mereka istikomah bersama PAN” kata Caleg muda berbadan tegap ini. (S2)