Konvensi Demokrat Sia-Sia Jika Pesertanya Cacat Hukum

Foto: apec2013.go.id

Jakarta, Sayangi.com – Pengamat politik Burhanuddin Muhtadi meyakini, produk yang dihasilkan dalam Konvensi Capres Partai Demokrat akan sia-sia jika konvensi masih diikuti, apalagi dimenangkan oleh peserta yang memiliki trek record buruk atau cacat hukum.

Pernyataan Burhanuddin itu menjawab pertanyaan Sayangi.com, hari ini Sabtu (3/8), terkait berita yang menyebutkan bahwa Menteri Perdagangan Gita Wirjawan memastikan diri ikut serta menyemarakkan Konvensi penjaringan Calon Presiden (Capres) Partai Demokrat.

Padahal, Gita diduga kuat terlibat kasus kartel bawang putih yang dilakukan 19 importir, sebagaimana disinyalir oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Namun Burhanuddin mengaku tidak mengikuti dugaan keterlibatan Gita dalam kasus kartel tersebut. Karenanya, ia tidak ingin berandai-andai apa yang akan terjadi jika ternyata Gita yang memenangkan pesta demokrasi dalam penjaringan Calon Presiden di partai pemenang Pemilu 2009 silam itu.

“Saya enggak tahu, enggak ngikuti soal kasus dugaan kartel (Gita Wirjawan). Jadi saya enggak bisa berandai-andai karena sampai sekarang Konvensi belum dibuka. Lebik baik kita tunggu saja aturan mainnya seperti apa,” tutupnya. “(Namun) intinya, kalau calon peserta konvensi memiliki cacat hukum, tentu konvensi tidak akan banyak gunanya,” tutupnya. (MSR)