AS Peringatkan Warganya di Seluruh Dunia Siaga Serangan Al Qaeda

Foto: fbi.gov

Washington, Sayangi.com – Amerika Serikat telah mengeluarkan peringatan keamanan kepada warganya di seluruh dunia, menyusul kekhawatiran tentang kemungkinan serangan teroris oleh Al Qaeda atau kelompok-kelompok sejenis.

Departemen Luar Negeri akan menutup lebih dari 20 Kedutaan dan Konsulat AS di Afrika Utara dan Timur Tengah pada hari Minggu (4/8), yang umumnya merupakan hari kerja di dunia Arab. Kedutaan AS di Afghanistan dan Bangladesh juga akan ditutup.

Informasi intelijen saat ini menunjukkan, Al Qaeda dan organisasi-organisasi terkait terus merencanakan serangan teroris dan mereka mungkin akan memfokuskan upaya untuk melancarkan serangan antara sekarang hingg akhir Agustus, demikian pernyataan Departemen Luar Negeri. Ditambahkan dalam pernyataan itu, peringatan perjalanan akan berakhir pada tanggal 31 Agustus.

Aggota senior Kongres dari Partai Demokrat Nancy Pelosi mengatakan, semua pemimpin Kongres sudah diberi briefing. Amerika Serikat sudah lebih waspada sejak serangan di konsulatnya di Benghazi, Libya, September lalu yang menewaskan Duta Besarnya.

Departemen Luar Negeri secara rutin merilis apa yang dilukiskan sebagai peringatan kepada warga AS di seluruh dunia tentang kemungkinan bahaya serangan secara umum. Namun peringatan perjalanan kali ini didasarkan pada informasi yang lebih spesifik, kata seorang pejabat AS yang tidak mau disebutkan namanya. Pejabat-pajabat Amerika menolak menjelaskan tentang informasi intelijen yang menyebabkan dikeluarkannya peringatan siaga itu.

Namun seorang pejabat Amerika lainnya mengatakan, tidak ada informasi tentang target khusus. Ketua Komisi Luar Negeri DPR, Ed Royce, mengatakan, ia dan beberapa politisi lainnya bertemu dua hari lalu dengan Wapres Joe Biden guna membahas ancaman tersebut. Inggris juga akan menutup kedutaannya di Yaman pada hari Minggu dan Senin karena ‘meningkatnya kekhawatiran keamanan’, kata Departemen Luar Negeri Inggris. (MSR/ABC/Reuters)