Bingka, Kuliner Legit, dan Manis Khas Banjarmasin

Foto: dwbckalbagtim.blogspot.com

Banjarmasin, Sayangi.com – Di Banjarmasin terdapat kuliner yang sangat khas selama bulan Ramadhan, yaitu kue Bingka, kue basah tradisional khas Banjar. Kue ini sangat laris manis dijual dan menjadi kue favorit disana. Kue unik ini biasanya berbentuk bunga dengan berkelopak 6, bentuk yang cantik dan unik inilah yang menjadi daya tarik calon pembeli. Di daerah asalnya suku Banjar, kue ini biasanya disantap sebagi hidangan untuk berbuka puasa.

Tidak hanya bentuknya yang cantik. Untuk rasa, kue cantik berbentuk bunga dengan kelopak 6 ini memiliki rasa manis yang dominan dan juga sangat legit, sementara untuk teksturnya sangat lembut. Jenis topping yang dipakai pada kue Bingka ini juga beragam, seperti nangka, pisang, coklat dan keju. Kue Bingka ini sekarang sangat  mudah dicari, tidak hanya di kota Banjar, akan tetapi dapat ditemui di toko – toko yang menjual aneka kue. Mau tahu cara membuatnya, agar tidak penasaran? Yuk kita simak resepnya.

Bahan Membuat Kue Bingka Kentang

– Telur bebek 3 butir
– Tepung terigu 75 gr
– Kentang 300 gr
– Gula pasir 75 gr
– Vanili 1/2 sendok teh
– Garam 1/2 sendok teh
– 1 butir kelapa
– Mentega 1 sendok makan  ( untuk olesan )

Cara membuat

  • Ayak tepung terigu terlebih dahulu kemudian campurkan dengan gula pasir, kentang, vanili dan garam. Aduk rata kemudian masukkan air santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan tercampur rata. Sisihkan.
  • Siapkan loyang kue bingka. Oleskan minyak pada permukaan loyang. Sisihkan.
  • Kocok telur bebek sampai mengembang kemudian masukkan adonan kentang sedikit sedikit sambil di aduk rata.
  • Panaskan loyang kue bingka dengan api sedang sampai panas betul. Selanjutnya tuangkan adonan ke loyang. Ratakan dan tutup.
  • Kecilkan api, panggang kue bikang sampai permukaan kue kuning kecoklatan. Angkat dan dinginkan. Kue bikang kentang istimewa siap disajikan.

Bagi yang belum sempat mengunjungi Banjarmasin, dan penasaran untuk merasakan nikmatnya kue bingka, dapat mencoba membuatnya dirumah, selamat mencoba.(SLS)

Berita Terkait

BAGIKAN