Polres Jember Pasang CCTV Pemantau Mudik

Ilustrasi foto: lgnews.com.au

Jember, Sayangi.com – Kepolisian Resor Jember, Jawa Timur memasang belasan kamera pemantau atau “closed-circuit television” (CCTV) untuk memantau arus mudik dan arus balik Lebaran 2013.

Kasat Lantas Polres Jember Ajun Komisaris Polisi (AKP) Purbaya, Sabtu (3/8), di Jembar menyatakan, belasan CCTV tersebut tersebar di beberapa lokasi yang dinilai rawan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas. “Kamera itu dipasang di perempatan Mangli, pertigaan Gladak Kembar, pertigaan Patrang, dan di perempatan dekat Radio Republik Indonesia (RRI). Setiap lokasi dipasang tiga hingga empat kamera CCTV,” katanya.

Selain di perempatan atau pertigaan, lanjut dia, kamera tersembunyi tersebut juga dipasang di beberapa ruas jalan yang rawan kecelakaan, antara lain di jalur tengkorak antara Kecamatan Tanggul-Bangsalsari dan ruas jalan yang menghubungkan Kabupaten Jember-Banyuwangi, yakni di kawasan Gunung Gumitir.

“Sejumlah kamera tersebut akan dipantau langsung oleh petugas ‘traffic management centre’ yang berada di Kantor Satlantas Jember selama 24 jam, sehingga petugas bisa bertindak cepat ketika ada kejadian yang mengganggu kelancaran arus lalu lintas selama arus mudik-balik Lebaran,” katanya. Ia menjelaskan pemasangan kamera CCTV tersebut juga untuk mengantisipasi aksi kejahatan di jalan raya karena tindak kriminalitas jelang Lebaran diprediksi meningkat.

“Kami imbau warga tetap berhati-hati selama melakukan perjalanan saat mudik dan balik Lebaran, terutama di jalur rawan kecelakaan dan rawan tindak kriminalitas,” katanya. Data di Satlantas Polres Jember tercatat sedikitnya tujuh titik rawan kecelakaan dan kemacetan berada di Jalan Desa Klatakan Tanggul di kilometer (KM) 28, Jalan Desa Petung Bangsalsari di KM 18 Jember, Jalan Umum Garahan Silo KM 24.

Kemudian di kawasan kota antara lain Jalan Mohammad Seruji Patrang, Jalan Ahmad Yani, Jalan Diponegoro dan Jalan Trunojoyo. “Di beberapa titik juga disediakan tujuh pos pengamanan dan satu pos pelayanan di jalur mudik, sehingga diharapkan pemudik bisa melakukan perjalanan dengan tertib dan lancar. Bahkan sejumlah spanduk imbauan untuk menjaga keselamatan di jalan sudah dipasang di beberapa lokasi,” ujarnya. (MSR/ANT)

Berita Terkait

BAGIKAN